Harga properti residensial diperkirakan kembali melambat pada kuartal III. Foto: Shutterstock
Harga properti residensial diperkirakan kembali melambat pada kuartal III. Foto: Shutterstock

Pertumbuhan Harga Properti Residensial Melambat hingga Kuartal III

Properti Bank Indonesia perumahan bisnis properti kpr
Rizkie Fauzian • 13 Agustus 2020 12:41
Jakarta: Survei Harga Properti Residensial yang dilakukan oleh Bank Indonesia (BI) menunjukkan pertumbuhan harga properti residensial semakin melambat pada kuartal III-2020.
 
Pertumbuhan Indeks Harga Properti Residensial (IHPR) hanya sebesar 1,19 persen pada kuartal ketiga tahun ini. Angka tersebut lebih rendah 1,8 persen pada kuartal sebelumnya dan 1,59 persen dari kuartal ketiga tahun lalu.
 
"Melambatnya pertumbuhan harga properti residensial terjadi untuk seluruh tipe rumah," ujar Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko dikutip dari laporan BI, Kamis, 13 Agustus 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pertumbuhan harga rumah tipe kecil, menengah, dan besar pada triwulan ketiga tahun ini diperkirakan masing-masing sebesar 1,56 persen, 1,24 persen, dan 0,78 persen secara tahunan.
 
BI menyebut perlambatan terjadi di sebagian kota yang disurvei. Beberapa di antaranya di Kota Medan dan Banjarmasin yang tercatat tumbuh 1,01 persen dan kontraksi 0,4 persen, lebih rendah dari 3,96 persen dan 0,48 persen pada triwulan sebelumnya.
 
Secara triwulanan, pertumbuhan harga properti residensial pada triwulan III-2020 juga diperkirakan lebih rendah dari triwulan sebelumnya. Hal itu terindikasi dari IHPR yang tumbuh 0,11 persen, lebih rendah dibandingkan 0,32 persen pada triwulan II-2020.
 
Perlambatan pertumbuhan harga rumah triwulanan diperkirakan terjadi pada seluruh tipe rumah, terutama harga rumah tipe kecil yang hanya tumbuh 0,18 persen, lebih rendah dari 0,50 persen pada triwulan sebelumnya.
 
(KIE)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif