NEWSTICKER
Ilustrasi. Foto: dok MI/Ramdani.
Ilustrasi. Foto: dok MI/Ramdani.

Pemerintah Subsidi Uang Muka Rumah Rp700 Miliar

Properti perumahan sejuta rumah
Nur Azizah • 25 Februari 2020 20:02
Jakarta: Pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp1,5 triliun untuk subsidi bunga perumahan dan uang muka. Hal ini dilakukan untuk menstimulus permintaan terhadap perumahan.
 
"Dari anggaran untuk stimulus perumahan, Rp800 miliar untuk subsidi selisih bunga selama 10 tahun, bunga yang dibayar konsumen hanya lima persen dan Rp700 miliar untuk bantuan uang muka perumahan," tutur Menteri Keuangan Sri Mulyani, di lingkungan Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 25 Februari 2020.
 
Sri Mulyani menjelaskan dengan tambahan Rp1,5 triliun ini, maka akan ada tambahan 175 ribu unit rumah baru yang bisa dibangun karena adanya permintaan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Menkeu Berencana Tambah Subsidi Bunga untuk 224 Ribu Rumah
 
Oleh karena itu total penyaluran Kredit Pemilikan Rumah (KPR) untuk tahun ini bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) adalah sebesar 330 ribu unit rumah.
 
"Karena sektor perumahan ini memiliki 174 sektor yang terkait, kita berharap kenaikan jumlah unit yang dibangun akan menciptakan dampak positif ke sektor yang berkaitan dengan perumahan," jelasnya.
 
Dia sebelumnya menyebutkan tambahan subsidi ini akan menciptakan permintaan (demand) untuk perumahan. Sementara bagi para pengembang, diharapkan bisa membangun lebih banyak rumah baru karena perluasan subsidi bunga.
 
Selain itu penambahan subsidi ini juga sebagai stimulus belanja pemerintah untuk mendorong perekonomian tahun ini. Meskipun ada optimisme untuk pertumbuhan ekonomi yang lebih baik, sejumlah tantangan seperti virus korona menyebabkan ketidakpastian.
 

(AHL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif