Indonesia Properti Expo 2018

BP2BT, Subsidi Rumah untuk Pengojek & PKL

Rizkie Fauzian 25 September 2018 12:21 WIB
btnkpr
BP2BT, Subsidi Rumah untuk Pengojek & PKL
Bank BTN adalah satu dari lima bank penyedia BP2BT -kredit pemilikan rumah bersubsidi yang dikhususkan bagi pekerja sektor informal dengan pendapatan tidak tetap. MI/Panca
Jakarta:Pemerintah menyediakan skema perumahan baru bagi masyarakat yang berpenghasilan tidak tetap. Skema pembiayaan Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT) tersebut akan resmi dimulai Oktober 2018.

"Masih pilot project, tahun depan baru run dengan full skill. Bank siap, kemudian komunitas siap, tadi saya katakan ini merupakan perluasan akses buat masyarakat yang bukan fix income," ungkap Direktur Perencanaan Pembiayaan Perumahan Eko D. Heripoerwanto di pameran Indonesia Property Expo (IPEX) 2018 di JCC, Senayan, Jakarta.


baca juga:KPR 30 tahun dari Bank BTN

Tahun ini akan ada 160 peserta untuk skema BP2BT. Pesertanya berasal dari empat daerah yang dijadikan proyek percontohan program BP2TB, yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Kalau tahun depan kita targetkan ada 36 ribu peserta dari seluruh Indonesia," ujar Eko.

Skema ini akan diberikan kepada pasangan suami-istri pekerja di sektor informal. Misalnya pengemudi ojek, pengemudi taksi, hingga pedagang kaki lima yang selama ini kesulitan menjangkau fasilitas KPR/KPA dari perbankan karena penghasilannya tidak tetap.

Di dalam skema BP2BT, pemerintah akan mensubsidi uang muka rumah mencapai 25 persen yang kemudian peserta dilanjutkan dengan berbasis tabungan. Lima bank yang telah bekerja sama dalam program BP2TB adalag Bank Tabungan Negara (BTN), Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Artha Graha, BJB, dan Bank Jatim.

"Tahun depan jumlah bank ya tergantung, kita sebenarnya tawarkan kepada semua bank, bahwa kemudian baru sedikit, mungkin karena ini adalah produk baru. KPR subsidi juga dulu seperti itu, tapi sekarang sudah banyak bank," katanya.

baca juga:Ada Pesta KPR BTN di JCC

Ajang Di dalam skema BP2BT, pemerintah akan mensubsidi uang muka rumah mencapai 25 persen yang kemudian peserta dilanjutkan dengan berbasis tabungan. Lima bank yang telah bekerja sama dalam program BP2TB adalag Bank Tabungan Negara (BTN), Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Artha Graha, BJB, dan Bank Jatim.

Ajang IPEX 2018 yang bertajuk "Pesta KPR BTN" akan berlangsung hingga 30 September mendatang. Ada 400-an dari 730 proyek properti di seluruh Indonesia yang dipamerkan adalah proyek hunian bersubsidi yang skema pembiayaannya didukung Bank BTN.

 



(LHE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id