Pencarian properti mengalami perubahan selama pandemi. Foto: Shutterstock
Pencarian properti mengalami perubahan selama pandemi. Foto: Shutterstock

Rumah di Atas Rp1 Miliar Banyak Dicari, Rp300 Juta Justru Berkurang

Rizkie Fauzian • 24 Maret 2022 12:39
Jakarta: Pencarian properti mengalami perubahan, dimana banyak konsumen lebih mencari di kisaran harga Rp1,5 hingga Rp4 miliar. Sebaliknya, pencarian rumah di harga Rp300 juta justru semakin berkurang.
 
"Untuk pertama kalinya, kisaran harga di atas Rp1 miliar lebih banyak dibanding dengan kisaran harga di bawah Rp1 miliar," kata Country Manager Rumah.com, Marine Novita dikutip dalam laporan, Kamis, 24 Maret 2022.
 
Dalam survei Rumah.com Consumer Sentiment Survey H1 2022 menunjukkan tingkat pencarian rumah dengan harga Rp1 miliar mencapai 52 persen. Sedangkan sisanya  mencari rumah yang memiliki harga di bawah Rp1 miliar. 

"Jika diliat angkanya lebih tinggi bila dibandingkan dengan pencarian properti di kisaran harga di bawah Rp1 miliar," jelasnya.
 
Marine menjelaskan, hal ini terjadi karena saat ini masyarakat lebih siap untuk berinvestasi properti. Terutama di masa pandemi, banyak orang lebih banyak berdiam diri di rumah.
 
"Mungkin selama pandemi orang terkendala traveling, sehingga mereka lebih memilih investasikan keuangannya di sektor properti," ungkap Marine.
 
Tak hanya itu, pandemi yang telah berlangsung selama dua tahun membuat masyarakat Indonesia mengubah cara konsumsi dan mencari informasi termasuk di bidang properti. 
 
"Mereka makin nyaman untuk mencari properti secara online, survei menunjukkan dua dari tiga responden atau 64 persen responden nyaman memilih properti secara online. Sementara sekitar 46 persen responden merasa nyaman dengan melihat properti secara virtual," ujarnya.
 
Marine mengungkapkan bahwa mereka yang mencari properti secara online secara umum kini makin mengandalkan platform online seperti media sosial, portal properti dan situs perusahaan pengembang. 
 
Hasil Rumah.com Consumer Sentiment Study H1 2022 menunjukkan bahwa 73 persen responden menggunakan media sosial dan 59 persen responden lainnya menggunakan portal properti untuk mencari rumah.
 
"Sementara lebih dari setengah todal responden sudah tidak mengandalkan platform tradisional seperti surat kabar, majalah, dan radio untuk mencari properti idaman," jelas Marine.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(KIE)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan