<i>Capsule hotel</i> bukan saingan <i>budget hotel</i>
Hotel kapsul di Gapura Surya Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, ditujukan kepada calon penumpang dan penumpang kapal yang sedang transit. Antara Foto/Zabur Karuru
Jakarta: Kemunculan hotel kapsul di Indonesia menambah daftar alternatif penginapan murah meriah. Apakah kemuculannya akan menggeser hotel budget dan losmen yang juga mengandalkan tarif terjangkau?

"Tidak akan mempengaruhi, kalaupun ada mungkin tidak drastis pengaruhnya," kata Head of Advisory JLL Indonesia, Vivien Harsanto di BEI, Rabu (18/7/2018).


Menurutnya pasar hotel kapsul dengan hotel lainnya memiliki perbedaan kelas sehingga bisnis satu sama lain tidak akan terganggu.

"Kelasnya saja jauh, demografinya juga, misalnya ada yang tinggal di hotel-hotel mewah karena yang mereka cari adalah experiencenya. Jelas berbeda dengan menginap di hotel biasa," jelasnya.


Hotel kapsul di Malang ini mengincar pelancong dan mahasiswa baru yang sedang mencari tempat kost. Antara Foto/Ari Bowo

Hotel super murah ini awalnya dikembangkan di negara Jepang dan mulai menjamur di Indonesia. Hotel ini cocok bagi kaum milenial karena desainnya modern namun harganya masih terjangkau.

Selain itu, hotel seperti ini juga sangat cocok digunakan oleh backpackers yang menyukai travelling namun memiliki budget terbatas. "Hotel seperti ini akan sama experiencenya dengan hotel-hotel budget. Anak milenial yang biasanya mau mencoba," ungkap Vivien.



 



(LHE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id