Inspirasi dari salju abadi
Sisi utara stadion diancang mampu menepis salju yang terbawa angin dari pegunungan. dezeen/Edgar Breshchanov
Sochi: Stadion Fisht terletak di Sochi Olympic Park. Namanya berasal dari salah satu puncak di Pegunungan Kaukasus yang berselimut salju abadi.

Fisht dalam bahasa lokal Adygea berarti kepala putih. Hal tersebut menjadi inspirasi Populous -biro arsitek setempat- mendesain atap stadion menyerupai puncak gunung yang tertutup salju.


Atap stadion terbuat dari polikarbonat tembus pandang sehingga memberi akses cahaya selama pertandingan. Pemandangan di stadion ini juga sangat indah karena berada di antara pegunungan dan laut.

Bangunan sisi utara stadion dirancang mencegah masuknya salju yang berasal dari Pegunungan Kaukasus. Sementara itu, bangunan di sisi selatan didesain untuk melindungi stadion dari tepi laut yang letaknya juga berdekatan.


Lengkungan kurva struktur penyangga atap stadion, melambangkan puncak gunung. AFP Photo/Odd Andersen

Stadion Fisht dirancang sebagai tempat penyelenggaraan Olimpiade Musim Dingin 2014. Kemudian stadion direkonstruksi untuk perhelatan Piala Dunia 2018.

Sebagaimana dikutip dari dezeen, semula stadion dirancang dengan atap tertutup. Namun pengelola memutuskan untuk membuka atap dan menambah 6 ribu empat duduk selama Piala Dunia.

Stadion ini memiliki kapasitas 40 ribu kursi. Bahkan daya tampungnya bisa sampai 44 ribu kursi.



(LHE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id