8 bank tak maksimal salurkan FLPP

Abdul Halim Ahmad 07 Agustus 2018 21:27 WIB
kpr
8 bank tak maksimal salurkan FLPP
Rumah dengan skema pembiayaan FLPP banyak ditawarkan dalam pameran rumah murah. Antara Foto/Rekotomo
Bogor:Kementerian PUPR mengevaluasi penyaluran dana  fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) sejauh ini dinilai kurang cepat. Ada beberapa bank penyalur yang masuk katergori tersebut dan Bank BTN siap mengambil alih.

"Hasil evaluasi semester I, terdapat delapan bank yang belum maksimal menyalurkan dana FLPP," ungkap Dirut Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian PU-Pera Budi Hartono di Bogor, akhir pekan lalu.


Delapan bank yang belum maksimal itu terdiri dari tiga bank umum nasional dan lima bank pembangunan daerah. Total ada 40 bank yang bekerjasama dalam program FLPP yang sejak 2010 hingga 31 Juli 2018 telah menyalurkan Rp 32,36 triliun untuk 532.283 unit rumah.

Di dalam kesempatan sama Direktur Consumer Banking BTN Budi Satria mengatakan, PT Bank Tabungan Negara Tbk mengaku siap mengambil alih kredit pemilikan rumah/KPR dengan skema fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) yang sebelumnya digarap bank lain. "BTN siap, bila PPDPP menunjuk," ujarnya.

Tahun lalu Bank BTN menyalurkan KPR Subsidi dengan skema Subsidi Selisih Bunga (SSB). Ini setelah pemerintah memangkas anggaran penyaluran KPR skema FLPP hingga lebih separuhnya.

Mulai semester II 2018, kembali Bank BTN ikut menyalurkan FLPP setelah ada persetujuan dari Kementerian Keungan RI. Ada juga Bank Hana, yang dalam waktu dekat akan melakukan perjanjian kerja sama operasional (PKO). Sehingga jumlah bank pelaksana menjadi 42 bank.

Saat ini Bank BTN menguasai pangsa pasar KPR nasional sebesar 37,47 persen. Di dalam program Satu Juta Rumah, BTN sudah menyalurkan KPR untuk 423.303 unit rumah dengan nilai Rp 38,4 triliun dalam bentuk KPR subsidi dan non-subsidi.


(Media Indonesia/Ahmad Punto)
 



(LHE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id