Gedung tinggi di kawasan Kuningan, Jakarta, Medcom.id - Ririn
Gedung tinggi di kawasan Kuningan, Jakarta, Medcom.id - Ririn

Lima Alasan Mencari Apartemen di Tengah Kota

Properti investasi properti
Rizkie Fauzian • 12 Februari 2019 13:33
Jakarta: Apartemen menjadi salah satu hunian paling dicari di Jakarta. Salah satu alasannya adalah akses yang lebih mudah di Ibu Kota. Sebab, sebagian besar posisinya berada di tengah kota.
 
Bagi masyarakat kota, menempati apartemen merupakan gaya sekaligus kebutuhan hidup. Tinggal di kota menuntut warganya untuk bertindak praktis dengan mobilitas yang tinggi.
 
"Fasilitas yang disediakan juga menjadi salah satu faktor daya tarik untuk tinggal di apartemen," kata Managing Director Lamudi.co.id, Mart Polman, dalam keterangan tertulis yang diterima Medcom.id baru-baru ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dari data pencarian di situs Google, pada 2017, rata-rata 28.300 orang setiap bulan mencari informasi mengenai apartemen. Entah mereka hendak membeli atau menyewa.
 
Jumlah tersebut meningkat pada 2018, yaitu 36.100 orang per bulan. Tim Lamudi pun merangkum beberapa alasan yang membuat apartemen paling banyak dicari di Jakarta.
 
1. Akses transportasi gampang
Lima Alasan Mencari Apartemen di Tengah Kota
(Suasana di depan pintu timur Stasiun Tebet yang menjadi akses ke beberapa apartemen di Jakarta, Medcom.id - Eko Nordiansyah)
 
Tim menemukan rata-rata 5.400 orang tiap bulan mencari informasi mengenai apartemen Bassura City di pencarian Google. Bassura City berlokasi di Jalan Basuki Rahmat, Jakarta Timur.
 
Apartemen ini dibangun dengan konsep mixed use yang memadukan antara hunian dengan commercial area. Pemegang proyek yaitu Synthesis Development.
 
Akses ke hunian vertikal ini menjadi alasan bagi pembeli maupun penyewa. Karena, lokasinya yang dekat dengan Stasiun Tebet, Stasiun Cawang, dan Stasiun Jatinegara.
 
Pengemudi mobil juga bisa menggunakan jalur tol yang keluar di Pintu Jatinegara dan Pedati. Bassura City juga dekat dengan Bandara Halim Perdanakusuma dan tol Becakayu.
 
2. Sarana
Lima Alasan Mencari Apartemen di Tengah Kota
(Taman kota di Jakarta, Medcom.id)
 
Daan Mogot City (Damoci) merupakan sebuah proyek superblok di kawasan Daan Mogot, Jakarta Barat. Pengembang membangun 30 apartemen di lahan seluas 16 Hektare.
 
Menurut Lamudi.co.id, pencarian Damoci mencapai 4.500 orang per bulan. Tim menyatakan jumlah pencarian Damoci berada di urutan kedua, setelah Bassura City.
 
Beragam sarana ditawarkan pada penghuni apartemen. Mulai dari sekolah, pusat perbelanjaan, hingga ruang terbuka.
 
3. Pemandangan di luar jendela
Lima Alasan Mencari Apartemen di Tengah Kota
(Cahaya lampu dari gedung-gedung di Jakarta menjadi pesona di malam hari, MI - Ramdani)
 
Salah satu apartemen yang menyediakan pemandangan di luar jendela adalah Signature Park. Hunian ini berdiri di atas lahan seluas 4,4 Hektare di Jalan MT Haryono, Jakarta Timur.
 
Pemandangan dari jendela apartemen bisa langsung ke tengah-tengah kota. Saat malam, lampu-lampu penghias kota begitu semarak sejauh mata memandang. Di sisi lain, bila cuaca cerah, penghuni juga bisa menikmati pemandangan Gunung Salak.
 
Tak heran bila kelebihan itu membuat 1.900 orang mencari informasi mengenai Signature Park tiap bulan. Posisi pencarian berada di nomor 3 menurut versi Lamudi.co.id.
 
4. Keamanan
Lima Alasan Mencari Apartemen di Tengah Kota
(Ilustrasi petugas keamanan, Medcom.id - M Rizal)
 
Keamanan hunian menjadi pertimbangan yang tak bisa dilupakan bagi pencari hunian vertikal. Salah satu apartemen yang menerapkan sistem keamanan 24 jam adalah Prajawangsa City.
 
Berdiri di atas lahan seluas 7 Hektare di kawasan Cijantung, Jakarta Timur, apartemen ini dibangun sebanyak 8 tower yang terdiri dari 4.000 unit. Sudah dapat dibayangkan berapa banyak penghuni atau tamu yang keluar masuk apartemen tersebut.
 
Lantaran itu, pengamanan dan keamanan sangat penting. Selain petugas keamanan yang silih berganti saat bertugas, pengamanan pun dilakukan dengan memantau situasi sekitar apartemen dengan kamera CCTV.
 
Alasan itu pula yang menjadikan Prajawangsa City berada di urutan keempat pencarian di Google. Tiap bulan, Lamudi mencatat 1.600 orang mencari informasi mengenai apartemen tersebut.
 
5. Peluang investasi
Apartemen yang berlokasi di tengah kota dan pusat perbelanjaan berpeluang menghasilkan nilai investasi besar. Mau dijual kembali atau disewa, peluang bisnis itu bisa dihasilkan dari kepemilikan apartemen.
 
Misalnya, Permata Hijau Suites yang berlokasi di Jalan Kebayoran Lama, Grogol Utara, Jakarta Selatan. Kenyamanan, fasilitas, dan keamanan di hunian ini mengakibatkan banyak investor bahkan ekspatriat untuk bermukim.
 
Jumlah pencarian informasi tentang apartemen ini di Google cukup tinggi. Tiap bulan, sebanyak 1.550 orang yang mencari informasi mengenai apartemen ini.
 
Selain memiliki, banyak pula pencari informasi yang ingin menyewa unit di apartemen. Sehingga mereka memiliki tempat tinggal yang lebih memudahkan mobilitas yang tinggi.
 
Perusahaan multifinance Cicilsewa merupakan salah satu perusahaan yang menawarkan solusi pembayaran sewa properti. Cicilsewa membantu masyarakat untuk menyewa properti dengan pembayaran bulanan yang ringan.
 
"Tujuan lain yaitu kami membantu pemerintah mengurangi kemacetan lalu lintas di Jakarta," kata CEO Cicilsewa Hendry Oktavianus di Jakarta dalam keterangan resmi yang diterima Medcom.id, Senin, 11 Januari 2019.
 
Sejak berdiri pada 2018, Cicilsewa menggandeng agen-agen properti berpengalaman. Bila banyak yang menyewa apartemen di tengah kota, Hendry berharap penggunaan kendaraan pun dapat diminimalisasi. Sehingga potensi kemacetan lalu lintas bisa ditekan.
 

(RRN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif