Pembangunan arena olahraga untuk PON 2020 di Provinsi Papua tetap berlangsung. Foto: Kementerian PUPR
Pembangunan arena olahraga untuk PON 2020 di Provinsi Papua tetap berlangsung. Foto: Kementerian PUPR

Di Tengah Korona, Pembangunan Empat Venue PON Papua Berlanjut

Properti tuan rumah pon 2020 pon 2020 Berita Kementerian PUPR
Rizkie Fauzian • 26 Maret 2020 19:32
Jakarta: Pembangunan arena olahraga untuk mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 di Provinsi Papua tetap berlangsung di tengah merebaknya virus korona.
 
Pembangunan empat venue olahraga tetap dikerjakan agar dapat selesai tepat waktu, dengan tetap memperhatikan aspek keselamatan, protokol kesehatan, dan menyesuaikan kebijakan Pemerintah Pusat maupun Daerah.
 
"Pembangunan infrastruktur dalam rangka mendukung PON XX 2020 di Papua, harus diperhatikan secara detail mulai dari tahap desain, tahap pembangunan hingga tahap pengawasannya," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Jakarta, Kamis, 26 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hingga saat ini, pembangunan arena Aquatic mencapai 80,87 persen, Istora mencapai 82,95 persen, serta venue Cricket dan Lapangan Hockey indoor maupun outdoor mencapai 92,14 persen.
 
Gubernur Papua, anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda), Bupati/Wali Kota serta seluruh pemangku kepentingan di Provinsi Papua terkait pencegahan, pengendalian, dan penanggulangan covid-19.
 
Salah satu poinnya adalah dengan dikeluarkannya kebijakan penutupan penerbangan bandara dan pelayaran kapal penumpang di pintu-pintu masuki di Wilayah Papua.
 
"Hal ini tentu akan memengaruhi pelaksanaan pembangunan venue PON karena akan terdapat kesulitan dalam pengiriman material dari luar wilayah Papua, penambahan tenaga kerja, dan mendatangkan tenaga ahli sertifikasi," ujar Kepala Pusat Pengembangan Sarana Prasarana Pendidikan, Olahraga dan Pasar, Ditjen Cipta Karya Iwan Suprijanto.
 
Pelaksanaan PON XX di Papua direncanakan berlangsung pada 20 Oktober hingga 2 November 2020. Biaya pembangunannya berasal dari APBN 2018-2020 sebesar Rp401,058 miliar. Selain pembangunan empat venue tersebut, ada tiga venue baru yaitu Arena Sepatu Roda, Venue Panahan, dan Venue Dayung yang pembangunannya mulai dilaksanakan pada akhir Februari.
 
Ada juga penataan Kawasan Kampung Harapan sebagai area Pendukung Venue Istora dan Aquatic yang pelaksanaannya baru dimulai pada akhir Januari. Selain itu juga penataan Kawasan Doyo Baru sebagai area pendukung Arena Cricket, Hockey Outdoor dan Hockey Indoor yang pelaksanaannya dimulai pada akhir Desember 2019.
 
(KIE)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif