Rusunawa di Yogyakarta jadi selter pasien covid. Foto: Kementerian PUPR
Rusunawa di Yogyakarta jadi selter pasien covid. Foto: Kementerian PUPR

Belum Ditempati, Rusunawa di Yogya Diubah Jadi Selter Covid

Properti rusunawa sejuta rumah rusun penghuni rusunawa
Antara • 16 September 2020 16:55
Yogyakarta: Rumah Susun Sewa (Rusunawa) Bener di Kota Yogyakarta akan dialihfungsikan sementara menjadi selter khusus untuk menangani pasien positif covid-19. Saat ini Rusunawa tersebut belum ditempati.
 
"Akan digunakan sebagai selter, tetapi khusus untuk pasien covid-19 yang tidak menunjukkan gejala apapun," kata Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti di Yogyakarta, Rabu, 16 September 2020.
 
Menurut dia, berbagai proses administrasi perizinan ke pemerintah pusat untuk penggunaan sementara rumah susun tersebut terus diproses sembari melakukan berbagai persiapan guna mendukung fungsi rumah susun sebagai fasilitas selter penanganan covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami sudah ajukan surat ke pemerintah pusat, ke Kementerian PUPR sebagai pihak yang membangun. Saya kira pasti diizinkan karena ini untuk kepentingan penanganan covid-19," jelasnya.
 
Rusunawa Bener tersebut dinilai memenuhi berbagai syarat untuk difungsikan sebagai selter penanganan covid-19 karena fasilitas yang ada di rumah susun tersebut cukup lengkap.
 
"Di setiap unit sudah dilengkapi dengan dapur dan kamar mandi. Ada 42 unit dengan dua kamar. Artinya bisa digunakan untuk menampung setidaknya 84 pasien tanpa gejala,” ungkapnya.
 
Penggunaan selter khusus untuk penanganan pasien tanpa gejala tersebut, lanjut Haryadi sangat penting agar penanganan pasien bisa dilakukan lebih fokus dan tidak rentan menularkan ke orang lain khususnya anggota keluarga di rumah apabila pasien melalukan isolasi mandiri.
 
"Petugas puskesmas pun kewalahan jika harus memantau kondisi pasien secara rutin. Makanya dibutuhkan selter khusus untuk pasien tanpa gejala," ujar Haryadi.
 
Pemerintah Kota Yogyakarta, lanjut dia, berharap agar rumah susun tersebut sudah bisa dimanfaatkan sebagai selter penanganan covid-19 mulai Senin, 21 September 2020.
 
"Di selter tersebut juga akan digunakan sebagai posko dukungan dari BPBD Kota Yogyakarta. Harapannya, penanganan bisa lebih maksimal," katanya.
 
Selain rusunawa Bener, Pemerintah Kota Yogyakarta juga menyiapkan delapan unit kamar di Rumah Sakit Pratama Kota Yogyakarta sebagai ruang isolasi untuk pasien covid-19 tanpa gejala.
 
(KIE)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif