Walkie Talkie Ini Melelehkan Jaguar
Walkie Talkie menjadi latar jembatan Blackfriars yang melintasi Sungai Thames. Gedung dengan desain unik di pusat bisnis London ini milik Lee Kum Kee Group yang berpusat di Hong Kong. AFP Photo/Justin Tallis
London: Gedung 20 Fenchurch Street berada di distrik keuangan utama London. Bangunan ini menarik perhatian pejalan kaki karena bentuknya yang unik, menyerupai walkie talkie.

Gedung dibangun perusahaan properti Land Securities dan the Canary Wharf Group. Tingginya  160,1 meter yang mencakup 37 lantai seluas 97 ribu meter persegi. Terdapat sky garden di tiga lantai puncaknya.


Rafael Vinoly ditunjuk sebagai perancangnya. Julukan walkie talkie ini berasal dari karena fasad rancangannya arsitek asal Uruguay itu mirip dengan peralatan komunikasi yang menggunakan gelombang radio tersebut.

Padahal konsep desainnya adalah green development. Material panel kaca ganda jadi selimutnya yang bertujuan memaksimalkan cahaya dan kehangatan matahari yang sangat 'mahal' di Inggris.


The Shard (tengah) dan Walkie Talkie (kiri) berdiri di pusat bisnis utama London. AFP Photo/Danel Sorabji

Melelehkan mobil

Pada 2013, sebuah mobil Jaguar XJ yang terparkir didepan gedung walkie talkie tampak penyok di beberapa bagian. Setelah satu jam parkir di sana, kaca spion mobil mewah itu meleleh tak berbentuk.

Ini karena hedung yang diselimuti kaca tersebut di siang bolong bisa memantulkan cahaya matahari. Bentuknya yang cekung mampu mengumpulkan cahaya layaknya efek kaca pembesar dan dipantulkan dari kaca gedung.

Akibatnya, pantulan sinar matahari terkumpul ke satu titik fokus. Fenomena dengan titik cukup terkonsentrasi ini menyebabkan gedung ini menjadi pemantul panas matahari.

baca juga: Tumpeng Kaca Tertinggi di Bumi

Fenomena ini berlangsung dua jam setiap harinya. Untuk menghindari adanya barang-barang yang meleleh, tiga blok parkiran mobil di tempat yang diduga akan terkena pantulan cahaya harus dikosongkan untuk sementara waktu.

Gedung yang diperuntukkan bagi kantor dan retail tersebut bahkan mendapat penghargaan “Carbuncle Cup” yaitu sebuah penghargaan untuk bangunan-bangunan dengan desain buruk yang diberikan oleh sejumlah pakar arsitektur dan juga penulis.

Meski dinobatkan sebagai gedung dengan desain terburuk dan penuh dengan kontroversial, gedung walkie talkie memecahkan rekor penjualan bangunan senilai pondsterling 1,3 miliar. Lee Kum Kee Health Products Group -Sebuah perusahaan bumbu masak yang berpusat di Hong Kong- membelinya pada September 2016.
 



(LHE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id