Memenuhi kebutuhan rumah generasi milenial. Foto: Shutterstock
Memenuhi kebutuhan rumah generasi milenial. Foto: Shutterstock

Menjangkau Milenial Memiliki Rumah Pertama

Properti perumahan bisnis properti kpr Properti milenial
Rizkie Fauzian • 12 Agustus 2020 22:29
Jakarta: Hari Perumahan Nasional (Harpenas) menjadi momen meneguhkan komitmen pemerintah terhadap kebutuhan papan berupa hunian yang layak. Terlebih di era pandemi covid-19 saat ini, tinggal di rumah menjadi suatu keharusan.
 
Mantan Wakil Presiden Mohammad Hatta dalam sebuah pidato acara Kongres Perumahan Rakyat Sehat mengungkapkan bahwa cita-cita terselenggaranya kebutuhan perumahan rakyat bukan mustahil. Apalagi jika kita percaya bisa memenuhinya.
 
Namun, memiliki hunian yang layak bukanlah perkara mudah. Harga yang semakin mahal membuat masyarakat dari golongan menengah ke bawah kesulitan memperoleh rumah layak huni.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menunjukkan hingga Februari 2020 terdapat hampir 2,5 juta rumah tangga tinggal di Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).
 
Pemerintah berusaha mengentaskan persoalan rumah layak huni dengan beberapa program perumahan. Melalui program Sejuta Rumah, pemerintah berusaha memenuhi kebutuhan rumah terutama bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).
 
Meski demikian, banyak tantangan dalam menyediakan rumah layak huni dengan harga terjangkau. Untuk itu, pemerintah hadir demi memenuhi kebutuhan rumah masyarakat, terutama dari segmen milenial.

Rumah Pertama bagi Generasi Milenial

Kebutuhan rumah bagi generasi milenial menjadi perdebatan seru. Maklum saja, pada 2019 jumlah generasi milenial di Indonesia sebanyak 81 juta jiwa dan diperkirakan akan terus tumbuh hingga 155 juta jiwa.
 
Survei Rumah.com Consumer Sentiment Study semester II-2020 mencatat banyak generasi milenial memiliki keinginan punya rumah sendiri. Khusus untuk pembeli rumah pertama, sebaiknya mempelajari proses pembelian rumah.
 
"Pembeli rumah pertama sebaiknya mempersiapkan keuangan pribadi agar sudah siap secara finansial ketika mengambil KPR," jelas Country Manager Rumah.com Marine Novita.
 
Hal ini ditopang oleh Kementerian PUPR melalui program Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP). Pemerintah memberikan kemudahan untuk memiliki rumah pertama yang layak huni.
 
Dengan program tersebut, generasi milenial diberikan keringanan mulai dari suku bunga rendah, uang muka ringan, angsuran terjangkau, hingga jangka waktu kredit yang lebih panjang.
 
Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid menuturkan pemerintah juga berkomitmen memenuhi kebutuhan rumah bagi generasi milenial melalui pembangunan perumahan komunitas dalam skala besar.
 
"Program ini menjangkau millenial golongan MBR Non Fixed Income dan Skala Besar meningkatkan ketersediaan rumah subsidi bagi MBR Fixed Income," jelasnya kepada Medcom.id.

Tak hanya itu, Kementerian PUPR juga menerbitkan Peraturan Menteri berupa penyesuaian harga rumah bersubsidi yang dibangun oleh pengembang. Hal ini untuk mengakomodasi variasi tingkat daya beli dari milenial.

Hunian dengan Konsep Transit Oriented Development (TOD)

Berdasarkan hasil riset Ditjen Penyediaan Perumahan, generasi milenial mengutamakan rumah layak huni berkualitas berupa apartemen atau hunian di pusat kota yang terintegrasi.
 
Khalawi mengatakan program rumah bagi generasi milenial ini diarahkan ke rumah vertikal atau rumah sederhana bersubsidi. Salah satunya dengan hunian berkonsep TOD.
 
"Pembangunan perumahan di kawasan strategis menggunakan konsep rumah susun dekat dengan pusat kegiatan, hal ini sesuai dengan karakteristik milenial," ungkapnya.
 
Generasi milenial dikenal memiliki mobilitas yang tinggi. Keberadaan TOD yang terintegrasi ataupun dekat dengan moda transportasi seperti KRL akan semakin mempermudah mobilitas para generasi milenial dalam beraktivitas.
 
Oleh karena itu, sinergi antara Kementerian PUPR dengan BUMN dalam mewujudkan TOD merupakan bukti komitmen pemerintah dalam menyediakan perumahan yang sesuai dengan kebutuhan generasi milenial.
 
(KIE)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif