Tanah yang dibeli Randall Van Wolfswinkel dengan harga fantastis. Foto: Realtor.com
Tanah yang dibeli Randall Van Wolfswinkel dengan harga fantastis. Foto: Realtor.com

Ssst...Miliarder Ini Beli Sebidang Tanah Seharga Rp478 Miliar

Properti investasi properti rumah miliarder dunia
Rizkie Fauzian • 01 Desember 2020 20:40
Beverly Hills: Pengusaha real estat sekaligus miliarder Randall Van Wolfswinkel membeli sebidang tanah di Trousdale Estates, Beverly Hills.
 
Meski luasnya hanya 1 hektare (ha), lahan yang berada di kawasan mewah tersebut dibeli dengan harga fantastis USD33,75 juta atau setara Rp478 miliar (kurs Rp14.188).
 
Properti yang berada di sepanjang cul-de-sac tersebut telah beberapa kali pindah kepemilikan selama 12 tahun terakhir. Awalnya rumah terbengkalai tersebut hanya bernilai USD7 juta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemilik sebelumnya merupakan pengembang real estat SoCal Nathan Shapell sampai ahli warisnya menjualnya pada 2007 dengan harga sekitar USD7 juta kepada pengusaha Inggris Peter Jones.
 
Hingga awal 2013, Jones menjualnya dengan harga USD12,5 juta. Pembelinya adalah perusahaan pemodal yang kembali menjualnya pada Maret 2014 seharga USD15 juta kepada pengusaha Khadem Al-Qubaisi.
 
Ternyata Al Qubaisi berada dalam skandal bernilai miliaran dolar, dia dijatuhi hukuman 15 tahun penjara tahun lalu karena korupsi dan pencucian uang.
<i>Ssst</i>...Miliarder Ini Beli Sebidang Tanah Seharga Rp478 Miliar
Tanah yang dibeli Randall Van Wolfswinkel dengan harga fantastis. Foto: Realtor.com
 
Departemen Kehakiman turun tangan untuk mengatur penjualan properti tersebut pada 2016 seharga USD22,4 juta kepada miliarder Alex Soltani. Namun hanya dua bulan, dia menjualnya kembali USD32 juta kepada pengusaha Thailand Sumet Jiaravanon.
 
Pada pertengahan 2019, Jiaravanom menjualnya kepada David Geffen, seorang pengusaha dengan harga USD30 juta. Kemudian diambilalih oleh Van Wolfswinkel.
 
Belum diketahui apa yang akan dibangun Van Wolfswinkel di lahan tersebut, namun tentunya bukan rumah dengan desain yang biasa. Pasalnya dia membawa beberapa desainer dan arsitek terkenal.
 
Wolfswinkel kemungkinan membangun rumah dengan mewah terutama karena tetangganya adalah deretan miliarder. Seperti pencipta Minecraft Markus Perrson yang rumahnya bernilai USD70 juta.
 
Tepat di sebelah properti baru Van Wolfswinkel, terdapat properti mewah seluas 20 ribu kaki persegi yang awalnya terdaftar dengan harga USD100 juta, kemudian turun menjadi USD59,5 juta, dan terjual dengan harga USD47 juta kepada pengembang real estat lokal Josephine Yeh.
 
Van Wolfswinkel dibesarkan di Santa Barbara tetapi telah lama tinggal di Texas dan memiliki kondominium berukuran 13 ribu kaki persegi.
 
Kembali di California, dia menghabiskan hampir USD17,9 juta untuk sebuah kompleks tepi pantai di Montecito yang sederhana tetapi sangat mahal. Beberapa bulan yang lalu dia menjualnya USD17,5 juta.
 
(KIE)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif