Banyak gedung perkantoran yang rampung dibangun pada 2021
Banyak gedung perkantoran yang rampung dibangun pada 2021

Bisnis Perkantoran Makin Sengit di 2021

Properti perkantoran bisnis properti
Rizkie Fauzian • 10 Oktober 2019 11:57
Jakarta: Meski sektor perkantoran masih mengalami kelebihan pasokan (oversupply) hingga saat ini, namun pada 2020 dipastikan pertumbuhannya akan positif.
 
"Pasar perkantoran masih oversupply akan berlanjut, tapi 2022 tidak ada supply, jadi pertaruhan bisnis kantor akan terlihat di 2021 karena supply cukup banyak," kata Senior Associate Director Colliers Indonesia Ferry Salanto dalam diskusi di Jakarta.
 
Menurut Ferry, banyak proyek perkantoran yang telah merampungkan pembangunannya di 2021. Sebut saja Jakarta Office Tower atau Mori Building, Indonesia Satu, dan Thamrin Nine Tower.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Banyak gedung perkantoran besar yang rampung di 2021. Jadi kalau selama ini ada oversupply jumlah pasokan, maka 2020 sampai 2022 masih banyak (pasokan) tapi lebih rendah," jelasnya.
 
Ferry menjelaskan pada 2019 jumlah pasokan dan serapan ruang perkantoran masih sama. Namun ada beberapa sisa pasokan ruang yang sebelumnya yang belum sepenuhnya terserap.
 
"Cuma secara umum kira-kira ada pertimbangan antara jumlah pasok yang masuk dan terserap pada 2019. Jadi 2020 supply akan lebih turun sehingga diproyeksikan bisa seimbang serapannya," ungkap Ferry.
 
Tahun depan diprediksi ekonomi akan lebih baik sehingga tingkat penyerapan tenaga kerja juga akan lebih baik. Hal tersebut tentunya akan memengaruhi bisnis perkantoran.
 
"Dengan GDP dikoreksi di bawah lima persen ada koreksi juga tingkat serapan di 2020, kami perkirakan tidak setinggi tahun ini. Ini indikasi perkantoran akan bergerak naik tahun depan masih agak menantang dan berat. Tapi setelah itu mudah-mudahan ekonomi kita akan membaik dan proyeksi ini akan lebih baik kedepannya," jelasnya.
 
"Untuk itu, proyeksi supply sampai 2022 mulai berkurang sehingga pengembang lebih awas memproyeksikan gedung yang mereka bangun ke depannya," tambahnya.
 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif