Dari Jeans <i>Nemplok</i> ke Tembok
Meski sudah bekas, jeans tetap nggak ada matinye. medcom.id/Rizkie
Jakarta: Dinding bisa lebih dari sekedar pembentuk dan pembatas ruangan. Dinding bahkan elemen penting membuat interior rumah jadi unik, menarik dan tidak membuat rumah jadi ngangenin bila didekorasi dengan baik.

Ada yang melapis dinding dengan wallpaper. Meramaikannya dengan foto-foto keluarga, poster keren atau kata-kata motifasi. Mengecatnya dengan ornamen khas, dan masih banyak lagi contohnya di majalah desain.


Bila itu terlalu semua terlalu mainstrem, bagaimana jika menghiasnya dengan celana jeans bekas? Seperti dilakukan orang-orang kreatif dari Yogyakarta ini. Meski bahan utamanya dari jeans bekas yang belel, namun kualitas tetap diperhatikan oleh pembuatnya.



"Jeans bekas kita dapatkan dari Bandung dan Yogyakarta. Semua jeans kita bisa gunakan, tapi paling banyak yang blue jeans," ungkap Marketing IndigoWalls Sri Sudiasih kepada Medcom.id.

"Kami membantu mengurangi jumlah limbah jeans, kita lakukan dengan cara memanfaatkan dan menggunakan jeans bekas dan diubah menjadi sesuatu yang bermanfaat. Kami juga fokus pada sustainability dan bagaimana mengubah jeans lama menjadi wallpaper, sarung bantal, pelapis sofa," lanjutnya.

Khusus wallpaper tak hanya cocok untuk desain interior hunian seperti rumah atau apartemen, tapi bisa untuk retail atau cafe. Pemeliharaannya pun mudah, cukup disikat atau lap basah agar debunya hilang. Nggakperlu dibawa laundry.

Tembus pasar internasional

Indigo Walls ini sudah mencapai Eropa, Jerman, Jepang, Korea dan China. Bahkan Jepang menjadi pembeli tetap dan ada distributor tunggal untuk Korea dan China.

"Respon pasar baik, semua orang anggap ini adalah ide yang bagus dan bisa diterima. Banyak desainer interior yang datang ke kita juga," kata Sri.

Pilihan produk yang ditawarkan juga beragam. Seperti denim bricks, denim 3D stripes, denim claddings dan denim random tiles. Masing-masing bisa digunakan untuk dinding dan dibuat sesuai kebutuhan dan keinginan.

Denim bricks dijual per meter atau satuan per box. Ukurannya pun beragam, untuk regular bricks 220x60x10 cm atau satuan dengan ukuran reguler terdapat 72 keping. Sementara untuk 3D, dijual per piece namun sudah berbentuk segiempat dengan alas triplek.



(LHE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id