Apa Saja Komponen IPL Apartemen?
Fasilitas kolam renang di apartemen Green Pramuka City, Jakarta Timur. (greenpramuka)
Pertanyaan:

Seperti di perumahan, di penghuni apartemen juga dikenakan iuran bulanan. Ada uang perawatan lift misalnya. Ini bisa dipahami.
Tapi yang tidak saya pahami mengapa nilai cenderung naik dari tahun ke tahun? Mengapa juga saya harus membayar untuk fasilitas yang bahkan tidak pernah saya gunakan seperti taman bermain anak?


(Joko/Cimanggis, Depok)

Jawaban:

Di dalam UU 20/2011 disebutkan bahwa siapa pun yang mempunyai apartemen atau satuan rumah susun wajib membayar Iuran Pengelolaan Lingkungan (IPL). Biasa disebut juga maintenance fee yang terdiri dari:
  1. Service charge yang dikenakan pengelola partemen untuk biaya operasional, gaji pegawai, biaya peralatan kantor, biaya perizinan dan administrasi.
  2. Shinking fund sebagai dana cadangan yang dikumpulkan dari setiap unit untuk biaya perbaikan besar atau benda-benda bersifat vital dan mendesak.
  3. Utilitas yang meliputi listrik, air bersih dan gas. Ada juga biaya kebersihan, keamanan dan engineering untuk biaya perawatan AC, lift, eskalator dan lain-lain.

Maka penghuni apartemen dan rumah susun wajib membayar IPL, meski unit yang bersangkutan jarang ditinggali, namun tetap harus dilunasi. Bila dibanding rumah susun, nilai IPL apartemen relatif lebih tinggi karena lebih banyak fasilitas yang disediakan.

Contohnya taman bermain, lift dan kolam renang yang jelas perlu dirawat secara rutin. Meski kolam renang tidak pernah dinikmati. Meski lebih sering naik tangga karena tinggal di lantai bawah. Meski tak pernah ke taman bermain anak karena masih bujangan.  

Berdasar UU 20/2011 maka Anda tetap dikenakan IPL untuk semuanya. Sebab ketika membeli apartemen, maka yang Anda beli adalah unit yang dipilih dan semua fasilitas yang disediakan bagi para penghuni.

(Ferry Salanto/Collier International Indonesia)

 



(LHE)