<i>Dont judge the house by it facade</i>
jangan tertipu dengan fasad tua yang lusuh dan membosankan ini. Tunggu hingga membuka pintunya. designboom/Rory Gardiner
Melbourne: Pelesetan dari peribahasa don't judge the book by it cover  itu sepertinya cocok dengan proyek renovasi sebuah apartemen di pinggiran Meulbourne. Melihat fasadnya, tidak salah menilainya tua dan kumuh. Tapi tunggu hingga membuka pintunya.

Gedung dengan detail era Victoria di kawasan Fitzroy ini diklaim telah berusia 150 tahun. Seperti bangunan tua pada umumnya, cat dan plester temboknya mengelupas dengan 'hiasan' grafiti warna-warni tumpang tinding dengan jamur di sekujur fasadnya.


Pada akhirnya menjadi gudang pabrik tembaga, gedung ini adalah rumah tinggal mewah yang diubah menjadi hotel. Setelah pabrik tembaga tutup, gedung gudang ini ditinggal terbengkalai dan kawasan tempatnya berada berangsur kumuh.

Hingga seorang arsitek lokal, Pandolfini, berpikir untuk mengembalikan fungsi bangunan tersebut sebagai hunian. Konsep yang dipilihnya adalah apartemen bergaya minimalis yang merupakan selera konsumen era milenial.



Keputusannya mempertahankan fasad asli yang terkesan lusuh bukan tanpa alasan. Dikutip dari designboom, di mata Pandolfini justru itulah daya tarik gedung apartemen itu kelak karena memancarkan aura semangat pemberontakan dan dinamis khas generasi muda calon penghuni apartemen.



Di samping misi menghormati masa lalu dan sejarah gedungnya. Maka renovasi besar-besaran dilakukan di interiornya. Ada dua bagian terpisah kiri dan kanan yang diantaranya berupa atrium terbuka sebagai akses pencahayaan alami sekaligus sirkulasi udara bagi pintu serta cendela-cendela besarnya.

Dua bagian ini dihubungkan dengan sebuah jembatan kaca. Lantai kayu di seluruh lantainya diganti dengan ubin mosaik Spanyol. Dinding betonya kembali dipoles dengan tetap mengekpos paku-pakunya.

Pada bagian dinding beton, hanya dipoles dan dibiarkan memperlihatkan paku. Jendela dan pintu kayu dibuat baru namun disesuaikan dengan bangunan asli. Bagian asli lainnya dipertahankan adalah susunan batu bata dan pondasi batu biru di lantai dasar yang difungsikan sebagai ruang tamu bersama.


 



(LHE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id