Gedung perkantoran ini dikeliling kompleks perumahan dan taman publik. dezeen/ZHA/Hufton+Crow
Gedung perkantoran ini dikeliling kompleks perumahan dan taman publik. dezeen/ZHA/Hufton+Crow

Menara 'Terpuntir' di Milan

Properti perkantoran
Rizkie Fauzian • 30 April 2018 08:37
Italia: Sebuah gedung setinggi 170 meter, menjadi yang tertinggi di Milan, Italia. Uniknya gedung bernama Generali Tower tersebut desainnya seperti batang bersisik sedang dipuntir.
 
Gedung dengan desain unik adalah karya biro arsitektur terkemuka, Zaha Hadid Architects. Seusai dengan ujudnya, gedung yang terdiri dari 44 lantai ini berjuluk Lo Storto atau The Twisted One.
 
Menara 'Terpuntir' di MilanBentuk gedungnya heliks, seperti berputar melalui menara, pada bagian dinding luar gedung tampak seperti lantai yang bersisik atau disebut rhomboid. Bentuknya seperti terbelit, namun semakin tinggi akan semakin mengecil.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bentuk lengkungnya mewakili gaya sentripetal dari sebuah sumbu kota yang menciptakan bentuk pusaran. Selain itu, meski bangunan pencakar langit ini banyak menggunakan kaca, namun dikutip dari dezeen sudah mendapat sertifikasi sebagai green building.
 
Menariknya, dari gedung akan disuguhi pemandangan Santa Maria delle Grazie. Sebuah gereja abad ke-15 yang oleh UNESCO telah dibersi status sebagai bangunan Warisan Dunia.
 
Gedung ini salah satu pencakar langit yang dibangun di kawasan perdagangan di kota mode ternama Italia ini. Di kawasan tersebut juga berdiri Allianz Tower (202 meter) karya Arata Isozaki, yang selesai dibangun 2015 dan sedang dibangun gedung PricewaterHouse Cooper (175 meter) karya Studio Libeskind yang dijadwalkan selesai tahun depan.
 
Bersama dengan Studio Libeskind dan Arata Isozaki, Zaha Hadid Architecture memenangkan kompetisi untuk meregenerisasi kawasan bisnis yang terbengkalai sejak 2004 di Milan. Masing-masing arsitek bertanggung jawab untuk membuat landmark yang akan dikelilingi perumahan, taman dan area perbelanjaan.
 
Menara 'Terpuntir' di Milan
 
Di lahan seluas 16 hektare, pembangunan CityLife diperkirakan akan selesai pada 2020 dan menjadi tuan rumah bagi seribu rumah baru, ruang kantor untuk 11 ribu pekerja, taman publik seluas 42 hektar dan taman kanak-kanak.

 

(LHE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif