Fasad berongga multiguna
Rongga raksasa ada di tiga sisi fasad gedung berbentuk kubus. dezeen/David Chipperfield Architects
Seoul: Bila dilihat dari luar, bangunan yang berada di Seoul ini tidak jauh berbeda dibandingkan gedung di sekitarnya. Hal yang tidak biasa baru terlihat bila kita masuk ke dalam markas perusahaan kosmetik AmorePacific tersebut.

Di bagian fasad, bangunan ini memiliki rongga raksasa di tengah merupakan taman-taman yang dengan pepohonan rindang. Pada bagian lainnya, rongga tersebut menjadi tempat bagi kolam renang.




"Tiga rongga itu menggambarkan taman gantung," kata arsitek yang merancangnya, David Chipperfield Architects, sebagaimana dikutip dari dezeen

Rongga besar di tiga fasad itu didesain sebagai ventilasi dan penerangan cahaya alami yang diperlukan bagi tumbuhan. Walau fasad kelilingnya adalah kaca, namun bangunan telah dibalut dengan brise soleil yang berfungsi mengurangi panas dalam gedung dengan membelokkan arah sinar matahari.

Gedung ini berisi 30 lantai yang 25 di antaranya digunakan sebagai ruang kantor dan sisanya fasilitas umum seperti galeri dan restoran. Di bagian dasar, merupakan area resepsionis dab museum seni yang terbuka untuk umum.



Di lantai pertama ada auditorium dan tempat penitipan anak, serta tempat bagi pelanggan untuk datang dan menguji produk perusahaan. Lantai bawah tanah adalah ruang pameran dan ritel.

AmorePacific adalah perusahaan kecantikan terbesar di Korea Selatan dan keempat belas terbesar di dunia. Didirikan pada 1945, kantor pusat perusahaan ini telah berlokasi di tempat yang sama sejak 1956. Markas besar yang dirancang Chipperfield ini  untuk menunjukkan ambisi perusahaan sebagai perusahaan global.



 



(LHE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id