6 Karya Arsitektur Paling Dinanti Tahun Ini
Taipei Performing Arts Center. dezeen.com
Efek pelambatan ekonomi global berpengaruh kepada realisasi banyak proyek pembangunan gedung. Terutama karya arsitek ternama yang berbiaya tinggi.

Tapi kini lain berbeda, pembanguan telah dilanjutkan sejak tahun lalu. Menurut situt dezeen.com setidaknya ada 10 bangunan baru yang dijadwalkan dibuka tahun ini.

Taipei Performing Arts Center, Taiwan
Firma arsitektur Rem Koolhaas merilis rancangannya untuk komplek teater di ibukota Taiwan pada 2009. Tapi bangunan dengan tiga auditorium berkapasitas 1500 kursi itu baru akan beroperasi 2018.



Coal Drops Yard, Inggris

Studio arsitektur milik Thomas Heatherwick punya proyek merenovasi sebuah komplek gudang batu bara tua di King's Cross London. Bangunan yang berada di sisi kanal tersebut akan dijadikan sebuah pusat wisata belanja dan gaya hidup modern, namun tetap mempertahankan desain khas era Victoria.

Amager Resource Center, Denmark
Arsitek Bjarke Ingels mendapat mandat untuk mendesain ulang sebuah pembangkit listrik tua di Copenhen. Kini bagian atap bisa difungsikan sebagai lintasan olahraga ski pada musim dingin bersalju. Cerobong asapnya dibentuk ulang layaknya cicin raksasa.

V&A Dundee, Inggris
Arsitek asal Jepang, Kengo Kuma, merancang sebuah museum di Dundee, Skotlandia. Bangunan menampilkan fasad yang dari beton dengan bentuk horisontal dan sudut runcing membentuk siluet perahu.



Leeza Soho Tower, Tiongkok
Sebelum tutup usia, Zaha Hadid sempat menyelesaikan desain sebuah pencakar langit di Tiongkok. Pembangunannya diharapkan selesai tahun ini. Di dalam gedung setingg 207 meter ini ada atrium tertinggi dunia.

Paradise City, Korea Selatan
Satu lagi bangunan dengan desain spektakuler akan menjadi koleksi Seoul, gedung kompleks hiburan MVRDV.  Gerbang masuk utamanya ditandai dengan lingkaran emas besar sehingga terlihat oleh penumpang pesawat terbang yang hendak mendarat di Bandara Icheon.
 

(KIE)