Teater Dasi Raksasa Albania
Atap gedung baru Teater Nasional, Albania, difungsikan sebagai amphiteater. dezeen.com/big
Albania: Siluet gedung di Tirana, Albania, ini serupa dasi kupu-kupu raksasa. Gedung tersebut adalah Teater Nasional yang dibangun untuk menggantikan gedung lama.

Bangunan terdiri dari tiga auditorium, amphiteater atap dan plaza umum. Kelima ruang inilah yang menentukan bentuk bangunan teater yang menyerupai dasi kupu-kupu.


Firma arsitektur milik Bjarke Ingels, BIG, mendesain auditorium utama di tengah banguan sebagai penghubung dua struktur terpisah di kedua sisinya, bagian penonton dan ruang produksi. Plaza berada di bawahnya yang merupakan akses masuk juga dapat digunakan sebagai ruang pertunjukkan.



Sementara amphiteater berada di atap dengan sisi miringnya dijadikan sebagai podium berundak tempat duduk penonton. "Gedung didesain sekaligus untuk ruang publik," jelas Bjarke Ingels seperti dilansir Dezeen, Senin (19/3/2018).

Bagian sisi bangunan dibuat seperti bentuk glazur yang bergelombang, sementara itu sisi lainnya dibuat dengan menggunakan kaca. Menurut Bjarke Ingels, hal tersebut agar publik bisa melihat aktivitas yang terjadi didalam gedung teater.



"Dua fasad utama Teater Nasional Albania dibuka untuk mengekspos ruang di dalam gedung ke tempat umum di luar," papar Ingels

Pada satu sisi bangunan mengungkapkan foyer, lounge, bar dan restoran serta teater mini. Sisi lain mengungkapkan keseluruhan bagian belakang panggung, panggung samping, di bawah panggung dan fly tower yang memperlihatkan seluruh gedung teater.



(LHE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id