Jurong, pusat bisnis dengan taman rakasa
Jurong Lake Districk diproyeksikan sebagai kawasan bisnis baru Singapura. KCAP/designboom
Singapura: Jurong selama ini dikenal dengan taman burung dan taman kotanya yang asri. Di kawasan ujung barat Singapura ini juga terdapat pembangkit listrik tenaga sampah dan pusat bisnis.

Semua unsur inilah yang akan digabungkan untuk dikembangkan dalam proyeknya Jurong Lake Districk (JLD). Sebuah komplek perkantoran dengan hamparan taman-taman luas di antaranya setiap gedung, bahkan di atas gedungnya.




Di dalam cetak biru yang disusun firma arsitektur KCAP, di lahan seluas 4 juta meter persegi tersebut akan dipenuhi taman-taman gantung dan jembatan-jembatan gantung. Ada gedung perkantoran, apartemen dan stasiun kereta cepat yang menghubungkan Singapura dengan Kuala Lumpur.

Sebagaimana dikutip dari designboom, pemerintah Singapura akan terus mengembangkan Jurong sebagai sentra ekonomi baru. Bangunan bersejarah yang ada diolah sebagai daya tarik selain keindahan taman-taman buatannya.



Keberadaan kereta cepat ke Kuala Lumpur diharapkan bisa mendorong peningkatan lalu lintas orang dan jasa dua negara. Tetapi proyek yang telah dimulai sejak 2013 ini baru akan selesai pada 2026 dari rencana awal 2020.

 



(LHE)