8 Menggantung yang Terindah Dunia
Gedung bernama Dancing House di Praha, Republik Ceko. Architecture Digest
Arsitek pada dasarnya adalah seorang seniman. Nyaris ada batasan baginya menyalurkan ide-ide kreatif dalam rancagan sebuah bangunan. Beberapa arsitek bahkan membuat desain yang realisasinya menuntut teknik dan teknologi baru sangat spesifik.

Salah satunya adalah struktur banguan menggantung di udara yang membutuhkan ketelitian dan teknik tingkat tinggi karena haru mampu melawan hukum gravitasi. Berikut ini delapan bangunan menggantung dengan desain terindah dunia sebagaimana dikutip dari Architecture Digest.


Museum of Tomorrow

Gedung yang dirancang arsitek Santiago Calatrava ini berada di Rio de Janeiro. Sejak selesai pembangunannya pada 2015, museum ini telah dikunjungi lebih dari dua juta orang dan merupakan museum teramai di Brazil.



Rumah Cube

Piet Blom mencarang komplek yang terdiri dari 38 rumah. Desain ini berusaha menghadirkan suasana pedesaan di tengah megapolitan Rotterdam. Ruang di dalam rumah dirancang sedemikian rupa agar optimal dan efisien.



Odeillo Solar Furnace

Bangunan di Font-Romeu-Odeillo-Via, Prancis, ini merupakan tungku panel surya terbesar di dunia. Lokasi itu dipilih karena durasi terbitnya matahari di sana mencapai lebih dari 2.500 jam per tahun, lebih tinggi dibanding daerah lain di Prancis.



Sangat cocok untuk di Indonesia yang sepanjang tahun berlimpah panas matahari kan?

MARTa Herford

Bangunan ini adalah sebuah museum seni di Herford, Jerman. Dua arsitek yang merancangnya, Frank Gehry dan Hartwig Rullkötter menempatkan patung rapper Tupac Shakur di pintu masuk.



Dancing House

Sesuai namanya, siluet bangunan di Praha, Republik Ceko, ini memang seperti pasangan yang sedang berdansa. Ketika merancangnya, arsitek Frank Gehry mengaku terinspirasi gerakan pasangan pedansa ternama Fred Astaire - Ginger Rogers.

One Central Park

Bangunan rancangan arsitek Jean Nouvel ini memadukan berbagai tanaman dan bunga untuk eksteriornya. Tingginya yang sekitar 50 meter menjadikan banguan di Sidney ini sebagai taman gantung tertinggi dunia.
 


Ragnarock

Museum musik rock dengan nama hewan legenda hikayat Viking ini hasil rancangan bersama firma arsitektur COBE dan MVRDV. Lokasinya di Roskilde yang dahulu adalah daerah penghasil semen terbesar di Denmark.



Haidar Aliyev Center

Azebaijan terkenal dengan koleksi bangunannya yang unik. Satu di antaranya adalah Haidar Aliyev Center di Baku ini. Bangunan dengan struktur lengkungan yang khas ini dirancang oleh alm. Zaha Hadid.



 



(LHE)