Karibia Zigzag ala Google
The Caribbean terdiri dari dua blok terpisah dan masing-masing disusun dalam pola zigzag. WA/BIG/Google
Sunnyvale:Membesarnya bisnis dan jumlah karyawan, mendorong Google menambah markasnya di Silicon Valley. Konsep bangunan yang dinamai The Caribbean ini menggabungkan antara tempat kerja, tempat tinggal dan fasilitas umum khas Google.

Google Campus II ini dibangun di atas lahan seluas 93 ribu meter persegi di lereng bukit Moffet Park, Caribbean Drive, Sunnyvale, California, AS. Lokasi ini pula sumber nama The Caribbean untuk Google Campus II yang luas bangunannya mencapai 97 ribu meter persegi.


Situs worldarchitecture.org menyebutkan proyek ini dikerjakan firma arsitektur langganan Google, Bjarke Ingels Group (BIG). Gambar lampiran pengajuan IMB (Ijin Mendirikan Bangunan) kepada Pemda Sunnyvale pada Desember 2017 bisa dilihat desain uniknya. The Caribbean berupa dua blok deretan bangunan yang disusun dalam pola zigzag.



Atapnya yang landai naik-turun dan saling terhubung antar gedung, dirancang sebagai taman terbuka yang berfungsi sebagai ruang publik. Bukan hanya ruang duduk yang disediakan, tetapi juga jogging track dan jalur bersepeda. Ini karena Google mendorong karyawannya ke kantor menggunakan sepeda dan berjalan kaki, setidaknya kendaraan umum.

Demi visi itulah maka di dalam rancangannya BIG terdapat skema perumahan dalam kompleks The Caribbean. Sebab tidak mungkin karyawan akan mau bersepeda atau berjalan kaki bila tempat tinggalnya jauh dari kantor.



The Caribbean yang dijadwalkan siap digunakan pada 2012 ini hanyalah satu rencana besar perluasan markas besar Google di Silicon Valley. Beberapa bangunan di sekitar Googleplex, Northern Mountain View, telah dibeli dan disewa. Desainnya diserahkan kepada firma Clive Wilkinson Architects dan America Olin.

Perkantoran baru ini akan dibangun dengan bantuan crabot alias crane robot. Tugas crabot dalam tahap konstruksi adalah menempatkan, membongkar dan memindahkan beberapa elemen dasar struktur interior seperti dinding partisi, lantai, langit-langit atau kerangka baja. Penggunaan crabot memangkas waktu pengerjaan dari berbulan-bulan menjadi berjam-jam saja.



(LHE)