Toko buku futuristik di kota tua
Tidak ada sudut tajam tajam dalam toko buku yang interiornya serba putih bagai suasana di dalam awan ini. inhabitat/CreatAR Images
Tiongkok: Interior toko buku yang terletak di Xi'an, Tiongkok, ini sangat futuristik. Toko buku bernama Zhongshu ini warnanya serba putih menyerupai setting lokasi film fiksi ilmiah.

Perancangnya adalah Lab Wutopia, kantor arsitektur di Shanghai. Dikutip dari inhabitat, desainernya mengklaim  bahwa toko buku tersebut dibangun dari 300 ton baja dan 3000 meter strip cahaya.




Jalur pengunjung yang berliku dibuat dengan menggunakan pemodelan 3 dimensi, sementara rak buku pelat baja dipotong dengan mesin CNC dan kemudian dirakit di lokasi. Interior toko buku di lantai empat sebuah pusat perbelanjaan ini terdiri dari pilar-pilar yang dibuat dibalik kerangka baja pondasi.

Ribuan buku koleksi disimpan dalam rak berlapis baja yang berbentuk melingkar. Ada juga buku yang disimpan dalam rak dengan desain balok kantiveler beton bertulang yang tebalnya hanya 5 mm.



Pembuatan desain memastikan bahwa tidak ada sudut tajam di dalam toko yang suasanya seolah di atas awan. Suasana sejuk dan cerah diperkuat dengan bahan tembus pandang termasuk permukaan kaca dan akrilik.

Desain dan konstruksi Zhongshu berlangsung selama 600 hari, arsiteknya tidak hanya merancang sebuah toko buku, tetapi juga merepresentasikan kebangkitan kota besar yang sedang berlangsung di kota tua Xi'an.



(LHE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id