Hutan Amazon di Markas Amazon
Amazon 'mengkloning' sebagaian hutan hujan Amazon ke markas besarnya. (foto: dezeen/amazon)
Seattle: Pernah dengar Eden Project di Cornwall, Inggris? Atau yang lebih dekat lagi Gardens by the Bay di Singapura? Keduanya adalah hutan yang didirikan dalam rumah kaca raksasa di atas lapisan beton padat.

Taman dengan bentuk unik juga ada di Seattle, Amerika Serikat (AS). Perusahaan ritel Amazon membangunnya di kantor pusat di Downtown Seattle. Bangunan bola kaca raksasa ini bernama The Spheres.




The Spheres sebenarnya bagian dari kantor pusat Amazaon, ada ruang rapat dan kompartemen kerja yang dirancang ala sarang burung. Uniknya ada bagian yang terbuka bagi umum. Ini karena konsepnya adalah hubungan antara alam dengan manusia dengan memanfaatkan ruang publik yang dipenuhi tumbuhan.

The Spheres terdiri dari tiga buah kubah kaca yang saling terhubung dengan gedung perkantoran Amazon. Seperti dikutip dari Dezeen, Rabu (31/1/2018), arstitekturnya digarap NBBJ dan mendapatkan IMB-nya pada 2013 dan diresmikan penggunanya oleh CEO Amazon Jeff Bezos pada pada 29 Januari lalu.



Kubah kaca tersebut memiliki berat 620 ton dan bagian dasarnya dari beton yang tebal. Tingginya 27 meter dengan diameter mencapai 39 meter. Seluruh struktur bangunan ditutupi 2.643 panel kaca melengkung dan sisi dalamnya dilapis kaca film untuk menepis radiasi panas sinar matahari sekaligus mempertakankan suhunya di tingkat ideal.



Di dalam habitat buatan ini ditanam 40-an ribu tumbuhan dari berbagai negara. Bahka ada bagian dengan ekosistem hutan hujan yang dingin dan lembab layaknya hutan Amazon. Khusus yang ini tumbuhannya didatangkan dari University of Washington dan Atlanta Botanical Garden.


 



(LHE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id