Menara merah sederhana yang murah dan multi guna. dezeen/JBAD/Brad Freinknopf
Menara merah sederhana yang murah dan multi guna. dezeen/JBAD/Brad Freinknopf

Parkiran pun Jadi Landmark Kota

Properti parkir gbk
Rizkie Fauzian • 12 Desember 2018 09:07
Ohio: Penggunaan kontainer bekas sebagai bahan bangunan kini semakin bervariasi. Bila di Indonesia kita sering mendapatinya dipakai sebagai warung makan, luar negeri penggunaannya lebih beragam termasuk menjadi landmark kota seperti di Ohio, Amerika Serikat.

Uniknya landmark tersebut adalah sebuah tempat parkiran sepeda bertingkat yang merangkap kios jajanan. Jurusnya pun sederhana saja, cukup dengan memasang kontainer bekas itu dalam posisi vertikal lalu dicat merah terang.

Ide sederhana tapi tepat guna itu datang daru perusahaan Jonathan Barnes Architecture and Design (JBAD). Nama proyek di kawasan Columbus itu adalah The MicroTower Parking.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



"Proporsi dan sifat monolitiknya meniru menara kantor yang mengelilinginya," kata perwakilan JBAD seperti dikutip dari dezeen. Selain kios jajanan dan parkiran sepeda bertingkat, bangunan vertikal setinggi 12 meter dan lebar 2,5 x 2,75 meter ini juga ruang istirahat bagi petugas parkir mobil yang berada tak jauh darinya. Di situ petugas bisa sambil mengawasi tempat parkir.
all photos: Brad Feinknopf

Menggunakan metode konstruksi dengan kontainer memungkinkan arsitek memasang lift kecil. Kontainer yang mudah diangkat-angkat memudahkannya dipindahkan ke lokasi. Selain itu, harga kontainer bekas juga tidak sangat terjangkau.

"Tidak mahal dan tersedia, kontainer pengiriman (juga dikenal sebagai Intermodal Steel Building Units, atau ISBU) menawarkan solusi ideal untuk pembangunan MicroTower," pernyataan JBAD.


 


(LHE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi