NEWSTICKER
Gedung kantor ini berdiri di atas laut kawasan pelabuhan. Tom Ravenscroft/Dezeen
Gedung kantor ini berdiri di atas laut kawasan pelabuhan. Tom Ravenscroft/Dezeen

Ingin jadi kastil, gedung perkantoran butuh 970 ribu batu bata

Properti perkantoran bangunan unik
Rizkie Fauzian • 08 Juni 2018 08:51
Denmark: Perkantoran yang satu ini punya bentuk anti mainstream, yaitu sebuah kastil alias benteng. Bangunan yang terletak di pelabuhan kota Vejle, Denmark ini adalah kantor pusat Kirk Kapital, sebuah perusahaan investasi.
 
Bangunan dengan tinggi 28 meter ini terbentuk dari empat silinder yang berpotongan dengan bentuk melengkung. Pintu masuknya dibuat tinggi dengan bentuk melengkung parabola.
 
Fasad bangunan terbuat dari struktur beton dengan dinding terbuat dari batu bata. Setidaknya dibutuhkan 970 ribu batu bata untuk menghiasi dinding bagian luar dan dalam bangunan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ingin jadi kastil, gedung perkantoran butuh 970 ribu batu bataTak hanya itu, batu bata yang dipilih juga memiliki 15 warna yang berbeda-beda dan berasal dari bata tanpa glasir dengan warna biru, hijau dan perak.
Penempatan batu bata juga dilakukan dengan penuh perhitungan sehingga menciptakan sebuah komposisi yang disebut seniman sebagai 'mini-artistik'. Setiap fasad memiliki kombinasi batu bata yang berbeda dan memantulkan warna berbeda tergantung arah cahaya yang datang.
 
Misalnya batu bata berwarna biru digunakan pada ruangan yang dekat dengan pangkalan dan bangunan bagian atas. Batu bata berwarna abu-abu dan perak banyak digunakan area tangga. Sedangkan batu bata dengan rongga digunakan pada bangunan bagian dalam untuk mengatur suara dan suhu.
 
Berada dalam kawasan pelabuhan, Fjordenhus dibangun di atas permukaan air yang dapat di akses dengan jembatan penyeberangan. Jembatan ini mengarah ke lantai dasar bangunan yang menawarkan pemandangan langsung ke pelabuhan.
 
Bagian atas bangunan merupakan area perkantoran tempat para direktur dan juga staf. Terdapat sebuah ruangan bawah tanah yang menghubungkan langsung dengan dermaga. Kantor tiga lantai ini juga dilengkapi dengan fasilitas ruang rapat, ruang makan, dan teras atap.
 
Ingin jadi kastil, gedung perkantoran butuh 970 ribu batu bata
 
"Klien kami ingin membangun lingkungan kerja yang menekankan kualitas penting seperti alam, cahaya, cuaca, musim dan Vejle Fjord," kata Eliasson seperti dilansir Dezeen.
 
Pembangunan gedung perkantoran ini merupakan bagian dari rencana pengembangan pelabuhan Vejle. Kirk Kapital tengah mengembangkan lahan reklamasi yang bakal dijadikan perumahan dan juga pusat perbelanjaan.
 

 

(LHE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif