Planetarium dengan 7 planet satelit
Kosep desain planetarium di pengunungan Alpen, Norwergia, ini memadukan wisata dan pendidikan. dezeen/snohetta
Norwegia:Sebuah planetarium baru akan dibangun di situs observatorium tenaga surya terbesar di Solobservatoriet, pegunungan Alpen. Lokasinya berada di 580 meter di atas permukaan laut.

Planetarium seluas 1.500 meter persegi tersebut bakal jadi fasilitas astronomi terbesar di Norwegia. Dirancang perusahaan arsitektur Snøhetta, planetarium ini menawarkan desain dan pemandangan malam yang spektakuler.

Bentuknya secara umum mirip dengan planetarium lain yang berupa kubah raksasa. Tapi uniknya kubah diberi warna emas dan posisinya seperti terbenam di punggung bukit.


Di jantung planetarium, terdapat sebuah teater dengan kapasitas 100 kursi.

Kesan yang muncul adalah bulan yang terbit dari bawah tanah. Selain itu atapnya dihiasi dengan rasi bintang. Atap kubah ini juga berfungsi sebagai persilangan antara lanskap dan struktur bangunan yang dapat dilalui pengunjung untuk menatap langit berbintang.



Di sekeliling planetarium terdapat tujuh 'planet' yang mengorbit. Ini adalah kabin dengan desain unik. Kabin tersebut dapat digunakan sebagai tempat menginap rombongan wisata yang masing-masing berdaya tampung hingga 32 orang.

Di bagian lain 'planet' tersebut juga merupakan tempat pameran, kafe dan jalan berliku yang mengarah ke mezzanine dan outdoor roofscape. Bagian bawahnya dibuat untuk tempat bermain anak.

Planetarium diberi nama The Tycho Brahe Instituttet, merupakan seorang ilmuan asal Denmark dari abad ke-16 yang juga mendirikan astronomi pengamatan modern.

(LHE)