Dortheavej Residence, Rusun Murah ala Kopenhagen
Berbeda dengan rumah murah di Indonesia, hunian yang satu ini memiliki desain yang unik. designboom/Rasmus Hjortshoj
Kopenhagen: Pengadaan hunian murah khusus bagi kelompok masyarakat berpenghasilan rendah juga menjadi perhatian di Kopenhage. Ibu kota Denmark yang tercatat salah satu kota termahal di dunia ini juga memilih rumah susun sebagai jalan keluarnya.  

Serangkaian proyek pembangunan rusun pun sedang dibangun di sana. Satu di antaranya oleh firma arsitektur Bjarke Ingels, yaitu Dortheavej Residence yang fisiknya terdiri dari 'tumpukan' modul beton pra-cetak.


Bangunan vertikal terdiri dari 66 unit tersebut memiliki tinggi lima lantai sehingga tidak butuh lift selain untuk warga lanjut usia dan difabel. Luas setiap unitnya berkisar 60 meter persegi hingga 115 meter persegi. Sementara tinggi langit-langitnya 3,5 meter dari lantai.


all photos including main image designboom/Rasmus Hjortshoj
 

BIG mendesain bentuk bangunan winding wall yang menyerupai papan luncur berbentuk kurva. Pada sisi sebelah selatan, bagian fasad depan dihiasi jendela kaca dan balkon. Sementara sisi sebelah timur merupakan fasad dinding biasa.

"Pola kotak-kotak khas Dortheavej didasarkan pada struktur cetakan tunggal," jelas BIG sebagaimana dikutip dari designboom.

Jika dilihat dari jarak jauh, maka fasad bangunan tampak berpori dan melengkung di tengah. Bentuk bangunannya memungkinkan banyak ruang publik bagi penghuninya untuk berinteraksi. Bahan material yang digunakan juga sangat sederhana, seperti kayu ringan dan beton.

 



(LHE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id