Rumah Bulan di Kepadatan Hanoi
Fasad futuristik dan penuh ventilasi Moon House tampak mencolol di tengah pemukiman padat Hanoi. designboom/NH Village Architect/Hiroyuki Oki
Hanoi: Ibu kota Vietnam ini juga menghadapi masalah sama dengan Jakarta, kelangkaan lahan. Sedemikian langka hingga lebar rumah dibatasi tak lebih dari empat meter. Tak aneh bila rumah-rumah di perkampungan padatnya dibangun menjulang.  

Sama seperti Jakarta, keterbatasan ini juga memacu daya kreasi para arsitek dan desainer di sana. Seperti rancangan rumah tinggal bernama Moon House karya firma arsitektur NH Village Architect yang luas lahan trapesiumnya cuma 41 meter persegi.


Moon House dibangun di perkampungan Thanh Xuân yang padat penduduk. Akses jalan masuknya selebar 1,5 meter. Bila ada warga yang memarkir becak di depan rumah, maka 'lalu lintas' kampung pastinya langsung macet total dari dua arah.

Meski lahan terbatas, namun Moon House memiliki semua ruangan yang dimiliki rumah 'normal' pada umumnya. Rumah berlantai empat tersebut bahkan memiliki ruang berdoa (altar) yang wajib bagi pemeluk Budha.

Di bagian dinding terdapat dua jendela besar dan banyak lubang ventilasi. Hal tersebut menjaga sirkulasi udara tetap baik dan matahari bisa masuk ke dalam rumah. Sama seperti Jakarta, di sana juga gerah luar biasa.


all photos: designboom/NH Village Architect/Hiroyuki Oki

"Tantangan lain bagi kami dalam proyek ini adalah definisi gaya hidup dalam tipologi rumah yang begitu umum di Vietnam dengan mempertanyakan kembali fungsi setiap ruangan dalam rumah," kata salah seorang dari NH Village dilansir designboom

Karena vertikal, desain di dalam rumah tentu banyak memakai tangga. Meski demikian, struktur tangga-tangga tersebut dibuat dengan baik sehingga tampak indah.

Area bawah tangga justru banyak digunakan untuk mengoptimalkan ruang. Pada lantai dua terdapat ruang tamu yang sangat minimalis.

Kamar tidur berada di lantai pertama dan ketiga. Sepanjang koridor rumah terdapat tanaman hijau sehingga menambah asri rumah mungil tersebut.



(LHE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id