Tanaman palem kuning juga sering sebagai penghias trotoar di kota-kota besar. file/MI/Rommy Pujianto
Tanaman palem kuning juga sering sebagai penghias trotoar di kota-kota besar. file/MI/Rommy Pujianto

Gunakan Tanaman Ini Untuk Dinginkan Ruangan Tanpa AC

Properti tanaman
Rizkie Fauzian • 26 Januari 2019 10:00
Jakarta: Cuaca panas dan terik tengah melanda beberapa wilayah di Indonesia. Pendingin ruangan seperti Air Conditioner (AC) tentu menjadi solusi tepat membuat ruangan menjadi sejuk.
 
Namun, perlu diperhatikan pemakaian AC secara berlebihan bisa menyebabkan biaya tagihan listrik membengkak. Dilansir dari Magzian, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk membuat ruangan tetap dingin tanpa menggunakan AC, yakni dengan tanaman berikut ini.
 
Snake Plant (lidah mertua)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tanaman yang satu dipercaya bisa membuat ruangan di rumah segar dan sejuk. Berbeda dengan tanaman lain yang biasanya menyerap oksigen, tanaman yang namanya unik ini justru melepaskan oksigen pada malam hari dan karenanya cocok disimpan di kamar tidur.
 
Areca Palm Tree (pohon palem)
 
Tanaman yang satu ini sudah populer, biasanya banyak di simpan di ruang tamu. Selain menambah keindahan, ternyata tanaman yang satu ini juga mampu menurunkan suhu ruangan. Sifatnya sama seperti lidah buaya bisa membersihkan udara secara alami.
 
Boston Fern (pakis boston)
 
Tanaman ini juga memiliki fungsi yang sama, menurunkan suhu ruangan dan membersihkan udara. Selain bentuknya yang cantik, tanaman ini juga bisa mendinginkan suhu secara alami.
 
Aloe Vera (lidah buaya)
 
Gunakan Tanaman Ini Untuk Dinginkan Ruangan Tanpa AC
Petani membersihkan rumput liar di kebun lidah buaya di Pasuruan, Jawa Timur. Lidah buaya yang dikenal sebagai bahan shampoo dan bisa diolah sebagai bahan makanan ini punya peluang pasar ekspor. file/MI/M Irfan
 
Selain memiliki khasiat obat dan kecantikan, tanaman yang satu ini ternyata juga bisa menurunkan suhu ruangan. Lidah buaya juga dipercaya cukup efektif meningkatkan kualitas udara ruangan dengan memurnikan racun jenis formaldehida.
 
Baby Rubber Plant (beringin karet)
 
Tanaman ini efektif memurnikan dan mendinginkan udara dalam ruangan. Perawatan tanaman ini juga mudah, tidak membutuhkan banyak air tetapi membutuhkan tanah yang subur untuk berkembang.
 
Ficus tree (pohon ara)
 
Selain bisa mendinginkan ruangan, tanaman yang ini juga ampuh memurnikan udara dari polusi maupun bau. Namun, tanaman ini hanya bisa hidup jika terkena matahari secara langsung. Pastikan tanaman ini disimpan pada area yang cukup terang, seperti di dekat jendela.
 
Golden Pothos (sirih gading)
 
Tanaman yang satu ampuh membuang racun seperti xilena, benzena, karbon monoksida, serta formaldehid di ruangan. Perawatannya juga sangat mudah, tidak membutuhkan banyak air dan pastikan terkena matahari langsung. Pastikan tanaman di simpan di tempat yang memiliki cukup ruang karena tumbuh dengan cepat.
 

 

(LHE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif