Efisiensi Ruangan Hunian di Lahan Terbatas
Ruang makan, ruang keluarga dan dapur di rumah kediaman pelukis, ilustrator dan perajin asesoris Asti Husain di kawasan Pondok Labu, Jakarta Selatan. ilustrasi/MI/Panca Syurkani
Jakarta: Memiliki hunian dengan lahan terbatas dituntut lebih kreatif menata interior agar tidak sumpek. Ide menggabungkan beberapa fungsi ruang ke dalam satu area bisa dicoba untuk menghemat ruangan.

Misalnya menggabungkan dapur, ruang makan dan ruang keluarga. Meski agak riskan tetapi hal itu tetap bisa diakali. Berikut ini trik dari rumah.com untuk menyatukan ruang agar tetap terlihat harmonis juga nyaman.


Bedakan warna karpet

Gradasi warna senada dapat menjadi penghubung yang membuat dekorasi ruang tetap kohesif. Perpindahan dari ruang satu dengan lainnya dapat ditandai dengan penggunaan warna karpet berbeda tapi selalu selaras.

Bedakan material lantai

Penggunaan material lantai yang berbeda yang lazim dilakukan pada hunian yang luas, ternyata juga efektif diterapkan pada hunian lahan terbatas. Misalnya ruang keluarga menggunakan lantai parket dan dapur memakai ubin yang mudah dibersihkan.

Split level

Ketinggian lain yang berbeda dapat dengan tegas membedakan zonasi antar ruang. Adanya tangga pemisah sebagai penghubung bisa membuat interior nampak lebih menarik.

 



(LHE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id