3 Menara yang Adaptif Terhadap Dampak Perubahan Iklim
Komplek menjadi dua bagian dengan geometri unik. WordArchitecture/Amorphou Studio
Pemanasan global yang menjadi penyebab perubahan iklim, juga mempengaruhi arsitektur bangunan agar semakin ramah lingkungan dan mampu beradaptasi dengan kondisi sekitarnya. Aneka desain inovatif bahkan radikal telah diperkenalkan, salah satunya yang akan dibangun di Dubai ini.

Desain karya biro arsitektur lokal Amorphou Studio ini berupa sebuah komplek yang terdiri dari tiga menara. Tiga menara dirancang sedemikian unik sehingga mampu berdaptasi dengan dampak buruk perubahan iklim.




Tiga menara tersebut masing-masing difungsikan sebagai apartemen, hotel dan perkantoran. Semuanya terhubung dengan pusat perbelanjaan dan ruang terbuka yang berada di bagian dasar.

Amorphou Studio membagi komplek menjadi dua bagian dengan geometri unik yang sesuai dengan kondisi iklim di Dubai. Pertama bangunan yang dipenuhi pepohonan dan air terjun. Berikutnya adalah sebuah dek raksasa berlubang voronoi yang juga dipenuhi oleh pepohonan.



"Mereka akan mengumpulkan energi dari matahari dan mengubahnya menjadi energi untuk membentuk ventilasi," kata Amorphou Studio sebagaimana dilansir oleh Word Architecture.

Interior lobi dibuat seolah melayang. Desain ini menciptakan atrium yang menjadi jalan bagi pencahayaan alami dari sinar matahari masuk sekaligus ventilasi.



 



(LHE)