6 desain calon gedung terkeren Australia
Sebuah 'huma' di puncak sebuah supertall building yang menembus 'awan' ide bersama MAD Architects dan Elenberg Fraser. dezeen/Beulah International
Melbourne: Sebuah pencakar langit akan dibangun di Melbourne. Tidak hanya menjadi gedung tertinggi, desainnya harus futuristik dan pantas menjadi landmark baru bagi ibukota Australia.

Untuk mendapatkan desain terbaik, Beulah International -perusahaan pengembang Australia- mengadakan kompetisi untuk merancang kawasan mixed-use. Hadiahnya pun setimpal, yaitu euro 1,1 juta.


Kompleks mixed-use akan dibangun di atas lahan terbatas, seluas sekitar 6 ribu meter persegi. Para arsitek ditantang mendirikan sebuah lifestyle precinct yang mencakup sebuah hotel, apartemen, pertokoan hingga ruang publik.

Enam rancangan perusahaan arsitektur terkenal dunia telah terpilih sebagai finalis. Pemenangnya akan diumumkan dalam waktu dekat.. Berikut ini beberapa rancangannya seperti dilansir oleh dezeen.

UNStudio + Cox Architecture

Perusahaan arsitektur asal Belanda ini merancang dua buah tower meliuk dengan fasad kaca. Gedung tersebut dirancang setinggi 356,2 meter dengan bagian atap merupakan sebuah taman yang terbuka untuk umum.

Bila bangunan hanya mencakup perkantoran dan hotel, maka tingginya hanya mencapa 252,2 meter. Tidak hanya perkantoran dan hotel, dalam gedung ini juga terdapat area pertokoan, BMW centre dan juga taman bertingkat.



Coop Himmelb(l)au + Melbourne Architectus

Bangunan yang dirancang perusahaan arsitek Vietnam dan Australia ini memiliki bentuk tidak beraturan. Tapi di sinilah unsur futuristik itu. Gedung setinggi 335 meter ini beratap sebuah penthouse yang dilengkapi taman dan kolam renang pribadi.

Area gedung akan digunakan untuk apartemen sebanyak 46 lantai yang dihiasi dengan langit-langit yang tinggi dan glazing. Sisanya 15 lantai akan dihuni oleh hotel yang memiliki taman dengan beragam tumbuhan tropis dan juga kolam renang.



OMA + Conrad Gargett

Perusahaan arsitektur yang berbasis di Rotterdam ini merancang sebuah bangunan yang berwarna-warni seperti pelangi. Pada malam hari bangunan bagian bawah akan menyala sehingga akan tampak mencolok di antara gedung-gedung lainnya.

MVRDV + Woods Bagot

Kolaborasi dua perusahaan arsitektur Belanda dan Australia menghasilkan sebuah bangunan vertikal yang mewah. Fasadnya berbalut kaca sehingga tampak tembus pandang.

Gedung dengan tinggi 359 meter ini memiliki bentuk yang unik, pada bagian tengah dipisahkan oleh sebuah kolam renang transparan.

Bjarke Ingels Group + Fender Katsalidis

Rancangan kedua perusahaan arsitektur ini tidak kalah unik. Fasadnya dipenuhi dengan kaca yang juga dihiasi oleh tanaman.

Dua gedung dengan desain interlocking blocks yang disebut Lanescraper. Artinya bentuk bangunan menyerupai kubus yang ditumpuk sembarang. Gedung dengan tinggi 359,6 meter ini mampu menampung 3 ribu orang.



MAD Architects + Elenberg Fraser

Perusahaan MAD Architects yang berbasis di Beijing berkolaborasi dengan arsitek Australia, Elenberg Fraser. Rancangan mereka adalah gedung dengan konsep Urban Tree. Bangunan setinggi 360 meter tersebut juga memiliki fasad yang unik sebab dikelilingi tanaman.

Bangunan hotel dirancang dengan istimewa berada di puncak gedung. Selain itu, dipuncak terdapat sebuah taman yang penuh dengan tumbuhan dan juga lampu LED yang berbentuk seperti slide.

Pada malam hari, LED menyala maka bentuknya seperti bangunan yang ditusuk oleh pepohonan. Terdapat 43 lantai, 23 di antaranya dipergunakan untuk hotel.

 



(LHE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id