Memiliki ruang kerja yang memadai di rumah. Foto: Shutterstock
Memiliki ruang kerja yang memadai di rumah. Foto: Shutterstock

Desain Rumah Bergeser Usai Pandemi Covid-19

Properti bangunan unik desain interior Arsitektur Unik
Gervin Nathaniel Purba • 01 Juni 2020 17:08
Jakarta: Bagaimana dunia akan berubah setelah covid-19 (new normal) masih harus dilihat. Semua aspek kehidupan akan berubah, termasuk cara mendesain hunian.
 
Cara desainer dalam menciptakan ruang kerja akan sangat berbeda dari cara sebelum pandemi covid-19. Ke depannya, desain suatu bangunan akan cenderung lebih personal.
 
"Sebab orang menggunakan rumah mereka untuk bekerja, sekolah, dan sebagainya," kata perancang Christiane Lemieux dikutip Architectural Digest.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ada beberapa fitur utama yang diprediksi akan dipertimbangkan dalam mendesain sebuah hunian setelah covid-19.

1. Tata Letak

Fleksibilitas adalah kunci dalam perencanaan ruang setelah masa pandemi berakhir. Denah rumah dengan banyak ruang terbuka mungkin akan ditinggalkan.
 
Saat ini tata letak akan kembali ke arah tradisional dengan setiap ruang dibuat terpisah. Salah satu keuntungan dari rumah bergaya tradisional adalah setiap ruang memiliki fungsi yang berbeda.
 
"Keuntungan lain dari gaya rumah tradisional adalah bahwa ruang-ruang tersebut secara jelas ditentukan oleh area yang terpisah," kata perancang New York Daun Curry.

2. Banyak Ruang

Seperti penjelasan sebelumnya, ruang terbuka tidak lagi menjadi pilihan dalam mendesain. Tak hanya dibutuhkan banyak ruang, namun setiap rumah harus memiliki ruang bekerja, belajar, dan bermain tersendiri.
 
"Ke depan, pasti akan ada tren untuk lebih banyak bekerja dari rumah. Rumah yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan produktivitas, keseimbangan, kesehatan, dan kesenangan," kata pendiri perusahaan desain Miami Strang Max Strang.

3. Penunjang WFH

Membuat ruang kerja di rumah mungkin menjadi salah satu pertimbanan utama terutama dengan imbauan work from home (WFH).
 
Tak hanya sekadar ruang kerja, namun yang harus memadai dengan adanya fasilitas penunjuang seperti tempat duduk yang tepat, meja yang sesuai, hingga pencahayaan.
 
"Daripada bekerja dari ruang makan atau ruang keluarga bersama dengan anak-anak, memiliki ruang kerja sendiri bisa meningkatkan produktivitas selayaknya di kantor," ujar Arsitek San Francisco Andrew Mann.
 
Ruang khusus untuk rapat virtual juga akan menjadi yang terpenting, dan akustik akan menjadi prioritas yang lebih tinggi.

4. Ruang Olahraga

Poin ini menjadi penting bagi para desainer. Pada masa pandemi ini, hampir setiap orang melakukan olahraga di rumah. Olahraga di rumah hampir sama pentingnya dengan bekerja dari rumah.
 
"Meskipun sebagian besar gym di rumah mungkin belum pernah digunakan sebelumnya, mereka mungkin sekarang sadar bahwa olahraga di rumah juga sama pentingnya," ujar Mann.

5. Pilihan Outdoor

Akses udara segar menjadi kebutuhan penting. Balkon, teras, taman, atau halaman belakang harus terpenuhi dalam setiap rumah.
 
Banyak yang akan mencari ahli desain untuk menciptakan tempat dengan udara segar. Ruangan outdoor juga bisa digunakan untuk berolahraga.

6. Ruang Higienis

"Karena masyarakat telah menghabiskan lebih banyak waktu di rumah, satu hal yang pasti muncul di benak ialah rumah harus menjadi tempat perlindungan," kata Manajer Pemasaran di Perusahaan Mewah True Residential Andrew Shead.
 
Ada ide mendesain ruangan khusus bagi anggota keluarga rumah yang sedang dikarantina. Hal ini berkontribusi pada rumah tangga yang jauh lebih higienis secara keseluruhan, menciptakan rasa kenyamanan, dan privasi.
 
Area meditasi dan kamar mandi bergaya spa dengan bak berendam besar, cahaya alami, pemandangan ke luar, dan elektronik terintegrasi juga akan menjadi penting.
 
Sementara itu, toilet tanpa sentuhan adalah cara lain untuk meningkatkan kebersihan dan mengurangi transfer kuman. Semua ini baru sebatas ide.
 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif