Desain bandara yang futuristik. (Foto: IGA by Havalimani Vaz Aci)
Desain bandara yang futuristik. (Foto: IGA by Havalimani Vaz Aci)

5 Bandara Paling Futuristik di Dunia

Properti bandara bandara changi desain interior Arsitektur Unik
Anggi Tondi Martaon • 01 Oktober 2019 11:03
Jakarta: Arsitektur dunia mulai mengubah citra bandar udara (bandara) yang tidak nyaman. Sebab, selama ini, tempat pemberhentian pesawat itu identik dengan kepadatan penumpang dan proses pemeriksaan keamanan yang penuh tekanan.
 
Saat ini, citra negatif tersebut sudah mulai dihilangkan. Beberapa bandara internasional diberbagai negara dibuat lebih nyaman.
 
Dikutip dari Architecturaldigest, berikut lima bandara yang memiliki desain futuristik.

1. Ilan and Asaf Ramon International Airport

5 Bandara Paling Futuristik di Dunia
(Foto: Hufton+Crow)
Ilan and Asaf Ramon International Airport berdiri di atas gurun Negev. Udara panas tentunya membuat bandara yang menghabiskan anggaran pembangunan hingga USD473,5 juta itu tidak nyaman.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Anggapan tersebut ternyata tidak benar adanya. Sebab, bagian luar bangunan dipasangi panel alumunium putih. Keberadaan material tersebut memantulkan sinar matahari yang terik dan membuat bandara lebih sejuk.

2. Istanbul Airport

5 Bandara Paling Futuristik di Dunia
(Foto: IGA by Havalimani Vaz Aci)
Meski belum selesai dibangun, Istanbul Airport sudah menarik perhatian. Salah satunya, bentuk menara kontrol yang menyerupai tulip.
 
Secara umum, desain Istanbul Airport seperti huruf H atau laba-laba. Bagian utama gedung tersebut difungsikan sebagai tempat check in. Sementara, bagian gerbang terdapat di bagian cabang yang ada di sekitar bangunan utama.
 
Tidak hanya itu, interior bagian utama juga sangat memukau. Desain interior meniru Terminal 2, Bandara Incheon.
 
Selain itu, Istanbul Airport juga menjadi salah satu bandara terbesar di dunia. Luasnya mencapai 15,5 juta kaki persegi. Jika pembangunan rampung, luas Istanbul Airport akan mengalahkan bandara di Manhattan.

3. Beijing Daxing International Airport

5 Bandara Paling Futuristik di Dunia
(Foto: Youtube)
Beijing Daxing International Airport baru saja diresmikan. Bandara tersebut dinobatkan sebagai bandara berstruktur tunggal terbesar di dunia.
 
Bandara Daxing memiliki luas 700 ribu meter persegi. Desain bandara juga dibuat unik, menyerupai bintang laut.
 
Setiap cabang bangunan dijadikan sebagai gerbang. Total, jumlah gerbang yang dimiliki oleh bandara tersebut yaitu 79.
 
Meski memiliki gerbang yang cukup banyak, pengguna bandara tidak perlu khawatir. Sebab, posisi check in dengan terminal sudah diatur seefesien mungkin. Bahkan, waktu tempuh terminal terjauh hanya delapan menit.

4. Singapore Changi Airport

5 Bandara Paling Futuristik di Dunia
(Foto: Jewel Changi Airport Devt)
Desain Singapore Changi Airport cukup unik daripada tempat serupa lain di dunia. Bandara di Negeri Singa itu mengusung tema ramah lingkungan.
 
Sorotan utama adalah Jewel Changi. Sebab dilengkapi dengan air terjun tertinggi di dunia.
 
Selain pemberhentian pesawat, Singapore Changi Airport juga difungsikan sebagai pusat kegiatan masyarakat. Maka tak heran bandara tersebut dilengkapi dengan berbagai fasilitas, di antaranya kompleks taman seluas 13 ribu meter persegi, jalur pejalan kaki, taman bermain, dan topiary hewan.
 
Singapore Changi Airport juga dilengkapi dengan 280 toko, restoran, dan hotel.

5. Kuwait International Airport

5 Bandara Paling Futuristik di Dunia
(Foto: Foster + Partners)
Arsitek Inggris Norman Foster mendapat tantangan saat membangun Kuwait International Airport. Sebab, dia harus membangun bandara di lingkungan terpanas di bumi.
 
Tantangan tersebut pun dimanfaatkan oleh Foster dengan menjadikan Kuwait International Airport. Dia memanfaatkan tantangan suhu panas itu dengan memasang panel surya untuk menghemat energi.
 
Selain itu, Kuwait International Airport juga dinobatkan sebagai bandara pertama di dunia yang menerapkan Leadership in Energy and Environmental Design (LEED) Gold.
 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif