Borjes Chapel dibangun oleh perusahaan arsitek yang berbasis London, Steyn Studio. Foto: Adam Letch
Borjes Chapel dibangun oleh perusahaan arsitek yang berbasis London, Steyn Studio. Foto: Adam Letch

3 Bangunan Sederhana dengan Desain Memukau

Properti bangunan unik desain interior Arsitektur Unik
Rizkie Fauzian • 25 Mei 2020 20:46
Jakarta: Banyak bangunan, bahkan gedung pencakar langit, yang dirancang megah untuk menarik perhatian para pejalan kaki. Padahal bangunan yang megah tak melulu harus rumit.
 
Bangunan dengan desain sederhana terkadang lebih menarik perhatian karena sarat akan makna dan arti. Makna yang terkandung dalam bangunan biasanya tersirat melalui simbol atau bentuk fisik bangunan.
 
Desain yang indah dan sederhana justru bisa lebih dinikmati daripada rancangan yang megah namun rumit. Berikut ini tiga bangunan dengan desain sederhana namun terlihat memukau.

1. Bosjes Chapel

3 Bangunan Sederhana dengan Desain Memukau
Foto: Adam Letch

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebuah kapel yang berada di kebun anggur Western Cape Afrika Selatan memiliki desain yang megah. Borjes Chapel dibangun oleh perusahaan arsitek yang berbasis London, Steyn Studio.
 
Bangunan tersebut dibuat untuk mengingat sejarah berupa arsitektur Cape Dutch yang banyak ditemui di kawasan pedesaan Western Cape. Arsitektur ini memiliki ciri khas di bagian atap.
 
Bagian atap biasanya dibangun dari cangkang beton tipis yang dibuat bergelombang sehingga bangunan tampak 'gagah' namun tetap ringan karena terlihat mengambang di atas air.
 
"Saya ingin membuat kagum dengan membuat benda yang sangat berat namun seolah-olah mengapung ditahan oleh kekuatan ilahi," kata pendiri Steyn Studio Coetzee Steyn dikutip Architectural Digest.
 
Tak hanya sarat akan sejarah bangunan di masa lalu, Borjes Chapel juga dibangun dengan merujuk pada salah satu ayat dalam Alkitab. Steyn mengaku merasakan koneksi antara ayat tersebut dengan bangunan kapel.
 
Untuk membangun struktur, arsitek menggunakan beton bertulang, kaca laminasi, dan lantai teraso. Pengunjung diharapkan dapat membangun dan menyusun interpretasi mereka sendiri ketika melihat desain kapel ini.

2. Parkroyal Collection Pickering

3 Bangunan Sederhana dengan Desain Memukau
Foto: Skyshot Pte Ltd
 
Balkon-balkon tertutup tanaman tropis mengelilingi Parkroyal, sebuah hotel mewah di Singapura. Hotel ini dirancang oleh perusahaan arsitektur lokal WOHA.
 
Pembangunan Parkroyal dimaksudkan sebagai perpanjangan Hong Lim Park, ruang hijau dan taman warisan seluas 0,94 hektare di Singapura. Hong Lim Park ditunjuk sebagai situs warisan dunia sejak September 2000.
 
"Hotel ini berada di lokasi utama Singapura pusat, terletak di antara Chinatown dan kawasan bisnis yang sibuk," kata salah seorang pendiri WOHA Richard Hassell.
 
Oleh karena itu, sangat penting untuk mendesain hotel yang tetap memiliki ruang terbuka hijau di tengah kota. Arsitek memastikan bahwa taman tidak hanya bertindak sebagai tempat publik, tetapi memiliki perasaan alam yang nyata.
 
"Bentuk itu terinspirasi oleh kombinasi pengaturan bonsai lanskap yang dibuat untuk meniru lanskap alam, formasi batuan gunung, dan sawah terraformed."
 
Bangunan, yang menampung 367 kamar, menggunakan sistem irigasi otomatis bertenaga surya. Struktur ini juga memiliki sistem retensi air hujan yang membantu mengurangi konsumsi air yang tidak perlu.
 
"Teras juga membantu menaungi bangunan dari matahari tropis yang panas, sehingga mengurangi kebutuhan untuk pendingin udara dan menurunkan energi keseluruhan yang diperlukan untuk menjalankan hotel," tambah Hassell.

3. Gallery of Furniture

3 Bangunan Sederhana dengan Desain Memukau
Foto: Lukas Pelech
 
Showroom furnitur biasanya dibangun untuk mengingat apa yang mereka tawarkan atau jual di dalam bangunan bukan yang tampak pada eksterior. Berbeda dengan showroom yang berada di Brno-Vinohrady, Republik Ceko.
 
Bangunan ini yang dirancang oleh arsitek muda di Chybík + Krištof. Fasadnya unik dibuat dari 900 kursi plastik dengan bentuk dan warna yang sama dan diatur sedemikian rupa.
 
"Inspirasi untuk desain berasal dari kebutuhan untuk menemukan solusi yang efisien ke ruang pamer. Kami akhirnya menyadari bahwa desain yang paling mudah diakses ada di sana selama ini yakni kursi klien," kata salah satu arsitek Ond?ej Chybík.
 
The Gallery of Furniture melakukan apa yang harus semua arsitektur lakukan yakni membuat yang sulit tampak mudah. Namun dalam hal bangunan ini, arsitek juga perlu mempromosikan layanan di dalam ruang.
 
"Yang kami butuhkan adalah cara untuk berbicara tentang konten di dalam ruang pamer, tetapi dengan cara yang tidak terlalu mengganggu," ungkap arsitek Michal Krištof.
 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif