The Twins, desain hunian unik di lahan terbatas. Foto: Fernando Gomulya.
The Twins, desain hunian unik di lahan terbatas. Foto: Fernando Gomulya.

Lahan Terbatas? Ini Konsep Rumah Unik yang Bisa Ditiru

Properti Bangunan unik Rumah Unik desain interior Arsitektur Unik tips rumah desain rumah
Cindy • 08 Oktober 2021 06:00
Jakarta: Banyak orang berpikir lahan rumah yang terbatas di tengah perkampungan padat tidak dapat didesain secara unik. Pendapat itu salah, jika Anda melihat konsep desain minimalis karya arsitektur Delution ini. 
 
desain rumah minimalis dan unik, the twins.
Desain rumah minimalis dan unik, the twins. Foto: Fernando Gomulya.
 
Desain hunian yang dibangun di lahan terbatas ini dijuluki The Twins. Hunian tersebut dibangun dengan konsep rumah tumbuh, sehingga memungkinkan penghuninya membangun kembali dalam jangka panjang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


The Twins pernah memenangkan Architizer Awards untuk kategori Small Architecture+ Small Living by People Choice pada September 2020. Architizer Awards merupakan sebuah ajang penghargaan arsitektur berskala dunia yang berbasis di New York, Amerika Serikat.
 
Rumah minimalis dan unik, the twins.
Tampak ruang tamu minimalis The Twins. Foto: Fernando Gomulya. 
 
Terdapat 5.000 karya arsitektur yang masuk dari 100 lebih negara di dunia. Melalui proses ini, penikmat arsitektur di dunia dapat memilih karya favoritnya untuk menjadi rumah kecil terbaik pilihan publik dunia.
 
CEO Delution, Muhammad Egha mengatakan The Twins merupakan contoh nyata dari penerapan konsep rumah sehat, efisien, dan realistis di salah satu kota terpadat di dunia, yaitu Jakarta. Uniknya, rumah kecil yang dibangun di atas lahan dengan luas 70 meter persegi ini, dirancang dengan skema rumah tumbuh yang selesai dalam tiga tahapan.
 
The Twins, rumah minimalis unik.
Jendela dan pintu full kaca dipakai untuk memperluas tampak rumah. Foto: Fernando Gomulya.
 
Tahapan pembangunan dilakukan dengan menyesuaikan ketersediaan dana dari sang pemilik rumah. Total dana yang dibutuhkan dalam pembangunan ini sebesar Rp400 juta.
 
Rumah ini juga didesain dengan metode konstruksi konvensional yang dapat dibangun secara mandiri. Pemilik rumah dapat mengembangkan desain rumah sesuai selera dengan material lokal yang mudah ditemukan.
 
Tampak ruang keluarga the twins
Tampak ruang keluarga The Twins. Foto: Fernando Gomulya. 
 
"Kami berharap rumah ini dapat menjadi sebuah percontohan yang akan menjadi stimulus bagi kemajuan wajah serta kualitas hidup perkampungan kota yang semula terabaikan," kata Egha.
 
(CIN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif