Lushan Primary School dikelilingi danau dan pemandangan pegunungan yang cantik. dezeen/ZHA
Lushan Primary School dikelilingi danau dan pemandangan pegunungan yang cantik. dezeen/ZHA

Jika Zaha Hadid Merancang Sekolah Alam

Properti tiongkok china economy
Rizkie Fauzian • 01 Mei 2018 09:00
Jiangxi: Lushan Primary School di perbukitan Jiangxi, Tiongkok, ini sangat unik. Paling mencolok adalah atapnya dibuat dari keramik yang melengkung dan menjorok. Tenaga kerja kerja pelaksaan proyeknya pun istimewa, robot.
 
Sekolah dasar ini adalah karya biro arsitektir Zaha Hadid Arsitek yang khas dengan desain futuristik. Namun tetap memberi porsi besar kepada elemen lokal dan tradisional sebagai faktor utama pembentuk indentitas bangunannya.
 
Jika Zaha Hadid Merancang Sekolah Alam

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Di dalam bangunan ini, elemen lokal itu adalah atap keramik melengkung dan menjorok. Jiangxi adalah kawasan dengan tradisi dan sejarah kerajinan keramik yang sangat panjang.
 
"Kawasan ini menghasilkan keramik berkualitas tinggi sejak Dinasti Ming. Tradisi ini dilanjutkan ke pembangunan sekolah," kata salah seorang arsitek di Zaha Hadid Architects seperti dikutip dezeen.com
 
Lolasinya yang terpencil di atas pegunungan menyulitkan pembangunan konstruksi. Maka untuk meminimalkan biaya dan waktu pengerjaan konstruksinya serta jumlah struktur yang diperlukan untuk diangkut ke proyek, maka produksi beton secara modular dikerjakan oleh robot.
 
Jika Zaha Hadid Merancang Sekolah Alam
 
Tata letak sekolah juga membuat rancangan bangunan terpisah, tak seperti sekolah pada umumnya yang menyatu. Ruangan kKelas, asrama, gedung utilitas di tata terpisah sedemikian rupa.
 
Bagian lainnya adalah sebuah halaman luas yang difungsikan sebagai area bermain utama. Bahkan lapangan yang ada juga difungsikan sebagai kelas serta daerah resapan air.
 


 

(LHE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif