Foto ruang tamu, homedesignlover/Laura Garner Design
Foto ruang tamu, homedesignlover/Laura Garner Design

Dalam Feng Shui, Ruang Tamu Itu Penting

Properti Dekorasi Rumah
Rizkie Fauzian • 01 Februari 2019 20:08
Jakarta: Ruang tamu merupakan area paling penting bagi masyarakat Tionghoa. Warga Tionghoa meyakini tata letak ruang tamu yang sesuai feng shui akan mendatangkan keberuntungan dan kemakmuran sepanjang tahun.
 
Menjelang perayaan Tahun Baru Imlek, masyarakat Tionghoa memiliki kebiasaan untuk menata rumah. Termasuk, menata ulang dekorasi ruang tamu.
 
Lantaran itu, kata Grand Master Hillary Phang, sebagian besar warga Tionghoa menempatkan ruang tamu di tengah rumah. Biasanya, ruang tamu terkoneksi dengan pintu utama.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Arah pintu di sebelah kiri melambangkan kecocokan antara Wu-xing (lima unsur) dengan tuan rumah. Itu merupakan fondasi yang sangat penting," ungkap sang ahli feng shui dalam program Metro Xin Wen.
 
Dalam Feng Shui, Ruang Tamu Itu Penting
(Ahli feng shui, Grand Master Hillary Phang, MI- Rommy Pujianto)
 
Rumah, lanjut Hillary, dan nasib dasar pemiliknya saling mendukung. Penataan rumah pun dipercaya dapat membawa keberuntungan.
 
"Jika pintu utama terkoneksi dengan harmonis, ini berarti menyambut naga. Suasananya nyaman, tidak jelek. Yang kita takuti adalah pintu, balkon dan pintu otomatis, karena dapat membuat suasana ini tidak baik. Feng shui menekankan mengenai angin yang terus berhembus dan menampung air. Dia seperti paru paru kami, tidak boleh pecah. Jika pecah, itu berarti keberuntungan jadi buruk," jelas Hillary.
 
Hal paling penting menata ruang tamu, menurut Hillary, adalah pencahayaan dan tata letak. Bila terlalu banyak angin masuk ke rumah, urat nadi naga tak ditemukan. Itu menunjukkan posisi feng shui kurang baik.
 
Bagi Hillary, rumah yang baik bola semua unsur terdistribusi ke ruang tamu. Bentuknya segi tiga. Bila segi tiga menyerupai piramida ditemukan dalam rumah, itu tanda feng shui yang bagus.
 
Unsur yang dimaksud, kerap disebut dengan Wu-xing. Yang terdiri dari tanah, angin, air, api, dan logam. Ruang tamu yang baik mempertemukan lima unsur itu di tengah rumah.
 
"Semua keberuntungan berasal di ruang tamu. Jadi, jangan pernah meremehkan peran ruang tamu," ujar Hillary.

 

(RRN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif