Rumah di pedesaan Jepang. Foto: dok Architectural Digest.
Rumah di pedesaan Jepang. Foto: dok Architectural Digest.

Di Jepang, Anda Bisa Beli Rumah Pedesaan Seharga Rp7 Juta

Ade Hapsari Lestarini • 30 Juni 2021 21:02
Tokyo: Pandemi covid-19 membuat semua orang serba kesulitan. Industri pun terpuruk. Tak terkecuali bisnis properti. Namun di Jepang, Anda bisa membeli sebuah rumah di pedesaan dengan harga Rp7 juta saja. Menarik bukan?
 
Melansir Architectural Digest, Anda hanya perlu merogoh kocek sekitar USD500 atau setara Rp7.267.225 (kurs Rp14.534 per USD). Serta bersedia untuk tinggal di "desa hantu" itu.
 
Jangan takut dulu! Ungkapan tersebut tidak mengacu pada fenomena supernatural apa pun, tetapi fakta bahwa tren pertumbuhan penduduk yang terus berkurang selama beberapa dekade di Jepang. Selain itu, ditambah dengan eksodus ke daerah perkotaan, telah menghasilkan sekitar 8,49 juta akiya (rumah kosong). Demikian menurut Survei Perumahan dan Tanah terbaru di negara itu dari 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tsutsui Kazunobu, seorang profesor studi regional di Universitas Tottori, mengatakan kepada Insider bahwa jumlah rumah tangga per komunitas pedesaan mencapai 39 pada 1960. Namun turun menjadi 15 pada 2015.
 
Di Jepang, Anda Bisa Beli Rumah Pedesaan Seharga Rp7 Juta
Rumah di pedesaan Jepang. Foto: dok Architectural Digest.
 
Laporan terbaru pada Mei 2021 dari Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan mematok tingkat kekosongan pedesaan nasional Jepang sekitar 16 persen.
 
Statistik tersebut menjelaskan mengapa Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga fokus menjembatani kesenjangan perkotaan-pedesaan. Selanjutnya, pemerintah daerah berusaha keras untuk memberi insentif pada jenis kepemilikan rumah pedesaan dan repopulasi yang dapat, pada gilirannya, mendorong revitalisasi ekonomi.
 
Penawaran tersebut termasuk subsidi renovasi bagi mereka yang merombak dan pindah ke akiya yang dirapikan, bersama dengan diskon pajak properti besar-besaran untuk pembeli akiya.
 
Tapi mungkin tidak ada tawaran semenarik "bank akiya". Mereka bukan bank yang sebenarnya, tetapi merupakan situs web yang pada dasarnya berfungsi sebagai Zillow untuk rumah murah dan terbengkalai di komunitas tertentu seperti prefektur Wakayama, yang ibu kota regionalnya terletak sekitar satu jam 15 menit dari Osaka.
 
Sekitar 200 dari 600 yang mendaftar di bank akiya Wakayama sejak peluncurannya pada 2015 telah menemukan penghuni baru, dengan harga saat ini sekitar USD800 untuk kelas bawah. Di bank akiya lainnya, harga yang ditawarkan sebesar 50 ribu yen (sekitar USD455).
 
(AHL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif