Sunny Tanuwidjaya

Sunny Tanuwidjaya

Nama Sunny Tanuwidjaya disorot saat perkara reklamasi di utara pantai Jakarta ditangani KPK. Bahkan Sunny menciptakan polemik tersendiri karena dituding-tuding terlibat dalam permainan mata antara petinggi PT Agung Podomoro Land dan DPRD DKI Jakarta M Sanusi.

 

Peran Sunny dalam suap Sanusi ini, memang disebut-sebut sebagai perantara. Bahkan ada tudingan Sunny hanya orang suruhan pihak eksekutif untuk memuluskan proyek reklamasi. Tanda-tanya besar muncul karena identitas Sunny yang dekat Gubernur Basuki "Ahok" Tjahaja Purnama.

 

Gubernur Ahok sempat menampik bahwa Sunny adalah staff khusus sekaligus saudara dekatnya. Namun kemudian Ahok mengakui bahwa Sunny sebagai staffnya dan sudah berlangsung cukup lama, semenjak Sunny magang.

 

Ahok pernah membuka latar belakang Sunny sebagagi staf khususnya.

 

Sunny merupakan mahasiswa S-3 salah satu universitas di Illinois, Amerika Serikat. Selain sebagai staff Ahok, Sunny juga disebutkan bekerja untuk pemilik Rajawali Corporation Peter Sondakh.

 

Sunny juga diketahui pernah bekerja di Central for Strategic and International Studies (CSIS). Bahkan Sunny juga disebut sebagai sepupu dari istri Franky Oesman Widjaja, anak dari Eka Tjipta Widjaja yang kini menjadi bos Sinar Mas.

 

Ahok menyebut Sunny hanya ingin meneliti soal kemampuan Ahok menang di Jakarta untuk  diserti. Tapi tampaknya Sunny tidak dekat dengan Ahok untuk sekedar penelitian. Apalagi setelah KPK meminta Imigrasi mencekal Sunny agar tak bisa keluar negeri.

 

Hanya waktu yang bisa membuktikan, apa dan sampai dimana keterlibatan Sunny dalam suap reklamasi APL ke DPRD DKI Jakarta. Waktu juga yang bisa membuktikan apakah Sunny memang bersalah dan orang suruhan, atau hanya sebagai alat untuk menyeret Ahok yang akan maju di Pilkada DKI Jakarta.

Aktifkan notifikasi untuk mendapatkan berita terkini dari medcom.id Notifikasi dapat dimatikan kapanpun dari pengaturan browser

push notif

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif