Salim Kancil

Usia : 52 Tahun
 

Salim Kancil

Aktivis Forum Petani Anti-Tambang, Salim alias Kancil, ditemukan tewas dengan kondisi mengenaskan, Sabtu (26/9/2015). Warga asal Desa Selo Awar, Pasirian, Lumajang, ini ditemukan tak bernyawa dalam keadaan tangan terikat dan sekujur tubuhnya penuh luka bacokan.


Kuat dugaan, Salim dibunuh karena akan menggelar demonstrasi menolak praktik penambangan pasir di desa itu. Nahas, sebelum menyatakan pendapatnya bersama ratusan petani lain, Salim lebih dulu ditemukan tak bernyawa. Kepolisian setempat sudah menangkap sepuluh orang.


Aparat penegak hukum diharapkan menangkap dan mengungkap aktor intelektual pembunuh aktivis petani tersebut.


Kematian Salim pun mengundang keprihatinan publik. Atas peristiwa itu, beredar pesan berantai (broadcast message) di aplikasi Blackberry Messeger (BBM) terkait aksi solidaritas untuk mendukung aksi penolakan penambangan pasir di Lumajang.


"Ubah Tampilan DP Anda Segera Seperti DP Saya. Hari Solidaritas Buat Salim Kancil," begitu nukilan isi pesan berantai tersebut.


Tak jelas siapa yang pertama kali menyebarnya. Namun, aksi dukungan pada petani yang kerap disapa Salim Kancil dengan cepat menyebar di Kabupaten Jombang, Jawa Timur dan sekitarnya.

Aktifkan notifikasi untuk mendapatkan berita terkini dari medcom.id Notifikasi dapat dimatikan kapanpun dari pengaturan browser

push notif

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif