Listyo Sigit Prabowo

Lahir: 5 Mei 1969
Tempat: Ambon, Maluku

Listyo Sigit Prabowo

Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo resmi diangkat Presiden Joko Widodo sebagai Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia pada 27 Januari 2021. Listyo menggantikan Kapolri sebelumnya, yakni Jenderal Idham Azis.

Sebagai perwira polisi, Listyo pernah beberapa kali bertugas di Jawa Tengah. Tercatat, Listyo pernah menjadi Kapolres Pati. Setelah itu, dia menduduki posisi Wakapolrestabes Semarang dan pernah menjadi Kapolresta Solo. 

Pada 2012, Listyo dipindahtugaskan ke Jakarta untuk menjabat sebagai Kasubdit II Dittipidum Bareskrim Polri. Sejak Mei 2013, ia menjabat sebagai Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sulawesi Tenggara.

Listyo tercatat pernah menduduki sejumlah jabatan penting. Dia adalah Ajudan Presiden RI Joko Widodo. Ia kemudian menjabat Kepala Kepolisian Daerah Banten, Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Kepolisian Negara Republik Indonesia. Dan terakhir, sebelum diangkat menjadi Kapolri, ia adalah Kepala Badan Reserse Kriminal Polri.

Kasus-kasus besar yang pernah dibongkar sebagai Kabareskrim Polri adalah penangkapan buron penyiram air keras pada Novel Baswedan, Maria Lumowa, dan Djoko Tjandra. 

Listyo juga berperan saat Bareskrim Polri mengambil alih kasus dari Polda Metro Jaya untuk penetapan tersangka pentolan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab terkait kerumunan di masa pandemi covid-19. Rizieq menjadi sorotan setelah kepulangannya dari Arab Saudi.

Aktifkan notifikasi untuk mendapatkan berita terkini dari medcom.id Notifikasi dapat dimatikan kapanpun dari pengaturan browser

push notif

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif