La Nyalla Mattalitti

Tempat lahir: Jakarta
Tanggal lahir: 10 Mei 1959

La Nyalla Mattalitti

La Nyalla Mattalitti merupakan administrator sepak bola Indonesia yang menjabat sebagai Ketua Umum PSSI-KPSI periode 2012 hingga 2016. Dia terpilih pada tanggal 18 Maret 2012, menggantikan Djohar Arifin Husin melalui Kongres Luar Biasa yang diprakarsai oleh Komite Penyelamat Sepak Bola Indonesia (KPSI), di Jakarta. Namun, setelah KPSI melebur dengan PSSI dia diangkat menjadi Wakil Ketua PSSI menggantikan Farid Rahman Periode 2013 - 2015.

 

Pria berdarah Bugis yang besar dan menghabiskan waktunya di Surabaya ini sebelumnya dikenal sebagai salah satu pengusaha dan tokoh populer di Jawa Timur. Pada 18 April 2015, ia terpilih sebagai Ketua Umum PSSI dalam voting pada Kongres Luar Biasa PSSI di Surabaya, Jawa Timur. Ia mendapatkan total 94 suara, mengalahkan Syarif Bastaman yang mendapatkan 14 suara. Kandidat lainya seperti Subardi, Sarman, Muhammad Zein, dan Benhard Limbong tidak mendapat suara.

 

Pada hari Rabu 16 Maret 2016, Kejaksaan Tinggi Jawa Timur menetapkan La Nyalla sebagai tersangka dugaan tindak pidana korupsi karena menyalahgunakan dana hibah dari Pemprov Jatim senilai Rp5,3 milliar untuk Kadin Jatim. La Nyalla diduga membeli saham initial public offering (IPO) Bank Jatim menggunakan dana hibah sebesar Rp5 miliar, pada 2012.

 

Kejaksaan akan melakukan penjemputan paksa terhadap La Nyalla jika tidak segera memenuhi panggilan untuk menjalani pemeriksaan.

Aktifkan notifikasi untuk mendapatkan berita terkini dari medcom.id Notifikasi dapat dimatikan kapanpun dari pengaturan browser

push notif

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif