Hasto Kristiyanto

Lahir: 7 Juli 1966
Tempat lahir: Yogyakarta

Hasto Kristiyanto

Hasto Kristiyanto saat ini menjabat Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Ia menggantikan Tjahjo Kumolo yang diangkat sebagai Menteri Dalam Negeri dalam Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo.

Sebelum itu Hasto menjabat Wakil Sekjen PDIP merangkap sebagai salah satu deputi Tim Transisi Jokowi-JK yang dibentuk sebelum pelantikan presiden. Ia pernah menjadi anggota DPR RI periode 2004-2009 dari fraksi PDIP. Saat itu dia duduk di Komisi VI yang menangani permasalahan perdagangan, perindustrian, investasi dan koperasi.

Naluri politiknya terpupuk sejak duduk di bangku SMA. Selama bersekolah di SMA Kolese de Britto Yogyakarta, dia gemar membaca buku politik. Ia melanjutkan studi di Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan menggondol gelar Insinyur.

Setelah lulus ia kian mantap terjun ke kancah politik. Niatnya bulat terjun ke dunia politik tak lepas dari campur tangan gereja. Kehidupan gereja amat berperan atas pembentukan diri Hasto melalui kaderisasi dan bimbingan seorang pastor.

Hasto kemudian memutuskan menjadi anggota PDIP. Bersama partai inilah dia terpilih menjadi anggota DPR RI periode 2004-2009 dari daerah pemilihan Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, dan Trenggalek, Jawa Timur. Saat tidak jadi anggota DPR ia menjadi pengajar dan motivator di internal partai. Dalam seminggu, ia menghabiskan lima hari untuk partai, sehari untuk keluarga, dan sisanya bersama kolega.

Riwayat pendidikan:

- SD Gentan Yogya (1972-1979)
- SMP Negeri Gentang Yogya (1979-1982)
- SMA Kolese De Brito Yogyakarta (1982-1985)
- Fakultas Teknik UGM Yogyakarta (1985-1991)
- Prasetya Mulya Business School, Jakarta, (1997-2000)

Karier:


- Project Manager Departemen Marketing PT Rekayasa Industri (1992–2002)
- Procject Director PT Prada Nusa Perkasa (2003-sekarang)

Aktifkan notifikasi untuk mendapatkan berita terkini dari medcom.id Notifikasi dapat dimatikan kapanpun dari pengaturan browser

push notif

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif