Gatot Nurmantyo

Tanggal lahir: 13 Maret 1960
Tempat lahir: Tegal, Jawa Tengah

Gatot Nurmantyo

Presiden Joko Widodo menyodorkan nama Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Gatot Nurmantyo sebagai calon Panglima TNI. Nama Gatot telah dikirim Jokowi ke DPR. Jika DPR menyetujui, Gatot akan menggantikan Jenderal Moeldoko yang bakal pensiun pada 1 Agustus 2015.

 

Pria kelahiran Tegal, Jawa Tengah, 13 Maret 1960 ini adalah lulusan Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Akabri) Darat tahun 1982. Menduduki Posisi Kepala Staf TNI Angkatan Darat ke-30 yang mulai ia jabat sejak 25 Juli 2014 setelah ditunjuk oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk menggantikan Jenderal TNI Budiman.

 

Sebelum menjabat KSAD, Letjen Gatot merupakan Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad). Pria berusia 55 tahun itu memiliki pengalaman komplet. Gatot telah mencicipi berbagai posisi penting semasa karir militernya berbagai jabatan penting yang pernah diembannya.

 

Gatot merupakan Ketua Umum PB FORKI periode 2014-2018. Gatot Nurmantyo enggan berkomentar soal penunjukan dirinya sebagai calon Panglima TNI oleh Presiden Jokowi. Dia memohon dukungan agar proses ini berjalan lancar. "Terima kasih, mohon doa restunya," kata Gatot kepada wartawan, Selasa (9/6/2015) malam.

Aktifkan notifikasi untuk mendapatkan berita terkini dari medcom.id Notifikasi dapat dimatikan kapanpun dari pengaturan browser

push notif

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif