BJ Habibie

Tanggal lahir : 25 Juni 1936
Tempat lahirĀ  : Pare-Pare, Sulawesi Selatan

BJ Habibie

Bacharuddin Jusuf Habibie lahir di Pare-Pare,Sulawesi Selatan pada 25 Juni 1936.Ia dikenal sebagai ahli pesawat terbang setelah mempelajari ilmu pesawat terbang di Jerman pada 1055--1960.Namun, ia mengawali karier sebagai asisten Ibnu Sutowo,Direktur Pertamina di era 70-an. Setelah itu, ia baru menunjukkan kehebatannya sebagai insinyur pesawat terbang dengan mendirikan Industri Pesawat Terbang Nasional (IPTN).

Sebelumnya, Habibie adala ikon teknologi Indonesia. Di era rezim Soeharto, Habibie langganan duduk sebagai Menteri Negara Riset dan Teknologi (1978--1997).

Puncak karier politiknya ialah ketika menjadi presiden pada 21 Mei 1998--20 Oktober 1999. Ia dilantik menjadi orang nomor satu di Indonesia setelah Suharto mengundurkan diri terakibat gerakan Reformasi 1998.Saat itu posisinya adalah wakil Presiden.

Setelah surut dari hingar bingar politik dan pascawafat istrinya, Ainun, Habibie membuat buku Habibie & Ainun. Buku yang bercerita hubungannya dengan sang istri dari pertemuan hingga kematian itu, juga akhirnya difilmkan. Film Habibie & Ainun diluncurkan pada 20 Desember 2012 dan meraih sambutan positif dari khalayak.

Aktifkan notifikasi untuk mendapatkan berita terkini dari medcom.id Notifikasi dapat dimatikan kapanpun dari pengaturan browser

push notif

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif