Arifin Ilham

Tempat Lahir: Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Tanggal Lahir: 8 Juni 1969

Arifin Ilham

Kiai Haji Muhammad Arifin Ilham adalah pendakwah atau dai yang terkenal dengan kekuatan zikirnya. Bagi Arifin, zikir tidak sekadar duduk dan memanjatkan pujian kepada Allah SWT. Lebih dari itu, zikir merupakan upaya selalu mengingat dan merasakan kehadiran ilahi. Tak heran, setiap acara zikir yang ia pimpin, jemaahnya selalu membeludak. Mereka datang dari semua kalangan.

Kegiatan zikirnya lantas ia disalurkan melalui pendirian majelis taklim Adz-Dzikra pada 2000. Arifin lahir di Banjarmasin, 8 Juni 1969. Ayah Arifin merupakan keturunan ketujuh dari Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari, ulama besar di Kalimantan. Sementara ibunya, Hajah Nurhayati, adalah kelahiran Haruyan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Arifin merupakan anak kedua dari lima bersaudara. Di keluarga, ia adalah anak lelaki satu-satunya. Arifin muda menempuh pendidikan pesantren sejak 1983. Ia memulai pendidikannya di Pondok Pesantren Darun Najah, Jakarta Selatan, pada 1983 hingga 1987. Berlanjut ke Pondok Pesantren As-Syafi'iyah, Jakarta Timur, pada 1987 hingga 1989. Pendidikan tingginya ia tempuh di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Nasional, Jakarta.

Arifin meninggal pada 22 Mei 2019 setelah dirawat di rumah sakit di Penang, Malaysia, akibat kanker getah bening atau nasofaring. Kondisinya sempat membaik dan pulang ke Indonesia. Terakhir, kondisi Arifin memburuk kembali dan menjalani pengobatan di Penang hingga akhir hayatnya.

Aktifkan notifikasi untuk mendapatkan berita terkini dari medcom.id Notifikasi dapat dimatikan kapanpun dari pengaturan browser

push notif

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif